Perancangan sistem informasi akuntansi berbasis Visual Basic for application pada SMK Kepanjen Kabupaten Malang

Andini, Dinda Mahfirah Nur (2019) Perancangan sistem informasi akuntansi berbasis Visual Basic for application pada SMK Kepanjen Kabupaten Malang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1505046010_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505046010_Lengkap)
1505046010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penerapan sistem informasi akuntansi pada lembaga pendidikan sangat penting dilakukan, karena dengan adanya sebuah sistem informasi akuntansi proses penyampaian informasi dapat berjalan dengan baik. Pada lembaga pendidikan seperti sekolah sistem informasi akuntansi harus diterapkan pada sistem administrasi pengelolaan keuangan, karena dengan adanya sistem informasi akuntansi penyampaian laporan keuangan dapat sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Penerapan sistem informasi akuntansi harus didukung dengan sebuah sistem aplikasi yang mendukung untuk jalannya sebuah proses administrasi, sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain sebuah sistem informasi akuntansi yang efektif dan efisien untuk mengatasi permasalahan pada sistem yang berjalan manual. Sistem manual yang berjalan saat ini mengakibatkan sistem pengendalian internal keuangan kurang optimal, pengelolaan keuangan yang kurang akuntabel serta pembuatan laporan keuangan yang tidak sesuai. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian Research and Development (R&D), melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode PIECES. Sistem informasi ini dibuat dengan Visual Basic for Application dengan Microsoft Excell sebagai database. Perancangan sistem dibuat dengan metode SDLC (System Development Life Cycle). Setelah melalui proses pengujian sistem dengan metode black box dan penilaian sistem, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi pengelolaan keuangan yang dirancang dikatakan layak digunakan. Hal tersebut didasari oleh hasil pengujian efektivitas dan efisiensi yang seluruh indikator nya menghasilkan nilai diatas 60.00.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi; Visual Basic
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:37
Last Modified: 03 Jun 2021 08:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10764

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics