Pengupahan karyawan Rokim Mebel perspektif ekonomi Islam : studi kasus di Rokim Mebel Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

Wafa, Zainul (2019) Pengupahan karyawan Rokim Mebel perspektif ekonomi Islam : studi kasus di Rokim Mebel Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122411011_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122411011_Lengkap)
122411011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif. Metode ini merupakan metode yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi.
Penulis tertarik untuk meneliti sistem pengupahan yang diberikan kepada karyawan Rokim Mebel yang berada di Desa Kepuhkiriman Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo dalam pandangan Ekonomi Islam, dengan judul penelitian: “Pengupahan Karyawan Rokim Mebel Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Rokim Mebel di Desa Kepuhkiriman Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo)“
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem pengupahan karyawan Rokim Mbel dilihat dari Ekonomi Islam, sudah baik, karena nilai-nilai dalam Ekonomi Islam telah terpenuhi. Konsep upah dalam Ekonomi Islam lebih menekankan pada upah pekerja diberikan secara adil dan layak.
Konsep adil yaitu konsep adil bermakna transparan dimana majikan telah Menyebutkan besarnya upah yang akan di peroleh pekerjanya secara jelas sebelum pekerjaan dimulai.
Majikan Rokim Mebel dalam melakukan pembayaran upah pekerjanya sangat baik. Karena, sudah melakukan pembayaran upah pekerja sesuai dengan perjanjian yaitu pada hari Sabtu sore akan tetapi Dalam menetapkan upah pekerja, Rokim Mebel belum baik, karena upah ditetapkan belum sesuai dengan standar Upah Minimum Kabupaten atau UMK.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengupahan; Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:04
Last Modified: 02 Mar 2020 09:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10773

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics