Strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo

Dzulfikar, Ahmad (2019) Strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia di KSPPS Tamzis Bina Utama Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_122411047_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122411047_Lengkap)
122411047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia dapat didefinisikan sebagai seperangkat aktivitas yang sistematis dan terencana yang dirancang dalam memfasilitasi para pegawainya dengan kecakapan yang dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan, baik pada saat ini maupun masa yang akan datang. Membahas sumber daya manusia berarti membahas manusia dengan segala potensi atau kemampuannya Potensi manusia nantinya ditunjukkan dalam beberapa aspek, salah satunya adalah kualitas, hanya dapat dicapai dengan adanya pengembangan sumber daya manusia. Pengembangan sumber daya manusia berkaitan dengan tersedianya kesempatan dan pengembangan belajar, membuat program-program training yang meliputi perencanaan, penyelenggaraan, dan evaluasi program tersebut. Sebagai lembaga ekonomi yang melayani masyarakat tentu seharusnya yang menjadi prioritas adalah kepuasan pelanggan atau nasabah. Termasuk sistem pelayanan dan kualitas sumber daya manusia harus terus ditingkatkan. Permasalahannya dalam praktik kesehariannya tidak semua pegawai di suatu lembaga ekonomi baik Bank atau koperasi memiliki kompeteni dan kualitas yang baik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya minimnya pengetahuan tentang kaidah transaksi simpan pinjam, asumsi itu diakibatkan karena adanya pegawai yang tidak linear dengan kompetensi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Data yang didapat dari lokasi penelitian yaitu hasil dari wawancara dengan subjek penelitian.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentas. Setelah data-data yang diperlukan terkumpul, kemudia penulis menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif.
Dari hasil analisis, penulis menyimpulkan bahwa strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia di KSPPS Tamzis Bina Utama yaitu; Training atau pelatihan dilaksanakan guna memenuhi syarat menjadi pegawai di KSPPS Bina Utama. Kajian islam dilakukan setiap sebulan sekali, dimaksudkan untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan islam yang berhubungan dengan muamalah atau ekonomi islam. Roling atau pertukaran pegawai dilakukan setiap 2 tahun sekali, hal ini dimaksudkan sebagai kontrol manajeman dan menambah wawasan pengetahuan serta pengalaman pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi ; Peningkatan Kualitas ; Sumber Daya Manusia; Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:34
Last Modified: 16 Jul 2021 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics