Pengelolaan zakat produktif sebagai upaya peningkatan pendapatan mustahik : studi kasus di BAZNAS Kab. Semarang

Aulia, Ahmad Yafie (2019) Pengelolaan zakat produktif sebagai upaya peningkatan pendapatan mustahik : studi kasus di BAZNAS Kab. Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122411052_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122411052_Lengkap)
122411052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu masalah bersama yang hadir di tengah- tengah kehidupan masyarakat. Kemiskinan akan selalu ada dan sulit untuk dihilangkan, akan tetapi kemiskinan mampu dikurangi kuantitasnya dan salah satunya yaitu dengan menggunakan zakat.
Semarang merupakan kabupaten yang terkenal dengan Pabrik Industri yang lumayan banyak. Dengan banyaknya industri tersebut tidak menjamin kesejahteraan seluruh masyarakat Semarang, hal ini dibuktikan dari catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Semarang yang menyatakan bahwa angka kemiskinan di kabupaten Semarang yang masih tinggi yakni mencapai 75.67ribu jiwa (7,29 persen) dari total penduduk Semarang.
Dalam Islam salah satu instrumen yang berfungsi untuk mensejahterakan masyarakat dan meningkatkan pendapatan adalah zakat. Pengelola zakat yang terstruktur dengan baik di kabupaten Semarang adalah BAZNAS kabupaten Semarang. Terdapat dua pola pendistribusian zakat di BAZNAS kabupaten Semarang, yakni secara konsumtif dan produktif.
Penelitian ini dilakukan secara kualitatif yang dilakukan secara langsung ke lapangan. Kemudian akan di deskripsikan berdasarkan data yang di peroleh dari BAZNAS kabupaten Semarang dengan menggunakan teori sesuai dengan permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh hasil analisis mengenai sistem pengelolaan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS kabupaten Semarang dalam upaya peningkatan pendapatan di kabupaten Semarang.
Dalam mengupayakan peningkatan pendapatan di kabupaten Semarang, pihak BAZNAS kabupaten Semarang dinilai sudah berperan dalam hal meningkatkan pendapatan. Dapat dilihat dari data rekapitulasi pentasyaarufan program-progam kabupaten Semarang dari tahun 2016 sampai tahun 2018, dimana (peran BAZNAS dalam upaya peningkatan pendapatan di kabupaten Semarang terbilang meningkat), karna dilihat dari pentasyaarufan program yang ada di kabupaten Semarang dari tahun ketahun meningkat dan selalu mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan zakat ; Produktif ; kemiskinan; Zakat; Amal Jariyah; Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:36
Last Modified: 02 Mar 2020 09:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10775

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics