Analisis strategi penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah di KJKS BMT Berkah Al-Fath Mulia Pati

Habibi, Ashal (2019) Analisis strategi penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah di KJKS BMT Berkah Al-Fath Mulia Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122411067_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122411067_Lengkap)
122411067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya pembiayaan murabahah bermasalah di KJKS BMT Berkah Al-Fath pada tahun 2016-2017 yang mengalami pembiayaan murabahah bermasalah sebesar 5,8 % dan 6,5 %. Maka dari itu penulis ingin mengetahui bagaimana strategi penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan murabahah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang digunakan KJKS BMT Berkah Al-Fath Mulia Pati dalam melakukan penyelesaian terhadap pembiayaan muarabahah yang bermasalah. Serta untuk mengetahui apa saja faktor penyebab terjadinya pembiayaan murabahah bermasalah yang terjadi di lapangan.
Penulis melakukan penelitian yang didasarkan pada penelitian lapangan yang kemudian diuraikan dalam skripsi ini. Adapun teknik pengumpulan data, penulis mengunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Setelah data terkumpul langkah selanjutnya adalah menganalisis data kemudian mengambil kesimpulan dari data yang terkumpul, yaitu dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi dalam mengatasi pembiayaan murabahah bermasalah, yaitu: pertama dengan silaturahmi (melakukan pendekatan) kepada anggota. Kedua, memperpanjang jangka waktu angsuran. Ketiga, injeksi dana (tambah dana), Keempat, eksekusi jaminan dan pelelangan. Dan kelima yaitu penghapusan piutang merupakan langkah terakhir yang dilakukan untuk membebaskan nasabah dari beban hutangnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Murabahah ; Pembiayaan Bermasalah; Islam dan Ekonomi; Bank Islam; Jual Beli (Islam); Bank Syariah; Bank Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:41
Last Modified: 02 Mar 2020 09:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics