Analisis ekonomi Islam terhadap sistem bagi hasil dalam pemeliharaan kambing pada masyarakat muslim Desa Merbuh Kec. Singorojo

Paramita, Niken Pratna (2019) Analisis ekonomi Islam terhadap sistem bagi hasil dalam pemeliharaan kambing pada masyarakat muslim Desa Merbuh Kec. Singorojo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132411096_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132411096_Lengkap)
132411096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tidak semua masyarakat Desa Merbuh Kec. Singorojo Boja memiliki modal untuk membeli kambing dan mengembangbiakkan, ada beberapa peternak kambing yang menjadi pemelihara kambing orang lain dengan sistem bagi hasil. Sistem ini berlaku sejak lama di sana. Setiap kambing yang diperilhara oleh peternak dari orang lain maka sistem bagi hasil biasanya di lihat dari anakan yang dihasilkan. Usaha kerja pemeliharan kambing yang telah mampu memberikan penghidupan pemeliharanya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pola pemeliharaan kambing masyarakat muslim di Desa Merbuh Kec. Singorojo Boja?. 2) Bagaimana sistem bagi hasil dalam pemeliharaan kambing masyarakat muslim di Desa Merbuh Kec. Singorojo Boja?. 3) Bagaimana analisis ekonomi Islam terhadap sistem bagi hasil dalam pemeliharaan kambing masyarakat muslim di Desa Merbuh Kec. Singorojo Boja?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan pemodal dan pemelihara kambing masyarakat muslim dan sumber data sekunder berupa wawancara dengan tokoh masyarakat di Desa Merbuh Kec. Singorojo Boja. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pola pemeliharaan kambing masyarakat muslim di Desa Merbuh Kec. Singorojo Boja dengan cara dikandangkan dan diberikan hijauan dan konsentrat. Sistem pemeliharaan dilaksanakan oleh pemelihara dari proses memberi makan hewan yang dipelihara sampai proses penjualan. 2) Sistem bagi hasil dalam pemeliharaan kambing masyarakat muslim di Desa Merbuh Kec. Singorojo dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama yang dilakukan di awal perjanjian, rata-rata sistem bagi dilakukan 60%:40% atau 50%:50% (antara pemodal dan pemelihara) pemodal memberikan modal pembelian kambing dan pemelihara bertanggung jawab pemelihara kambing sampai dijual. Bagi hasil dilakukan setelah kambing di jual, dari bagi hasil ini mampu meningkatkan kesejahteraan dengan tambahan pendapat Rp. 500.000,- sampai Rp. 750.000 dari kambing yang dijual, sehingga mampu menambah pendapatan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan. 3) Sistem bagi hasil dalam pemeliharaan kambing masyarakat muslim di Desa Merbuh Kec. Singorojo dalam perspektif ekonomi Islam termasuk harmoni antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat yang mendapatkan keuntungan bersama yang melahirkan prinsip keadilan sosial dalam rangka penciptaaan kesejahteraan atau mengurangi kemiskinan dengan pendapatan yang diperoleh dari bagi hasil tersebut, kegiatan ekonomi yang dilakukan dalam bagi hasil termasuk dalam akad mudharabah dimana salah satu pihak menjadi pemodal dan satu pihak menjadi pelaksana dengan bagi hasil yang disepakati bersama dan tidak merugikan salah satu pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem ; Bagi Hasil ; Pemeliharaan Kambing ; Masyarakat Muslim; Islam dan Ekonomi; Jual Beli (Islam); Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:52
Last Modified: 02 Mar 2020 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10783

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics