Pengaruh promosi dan lokasi terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang

Suprastyo, Candra (2019) Pengaruh promosi dan lokasi terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132411100_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132411100_Lengkap)
132411100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang merupakan kawasan atas Kota Semarang yaitu daerah yang dikelilingi pemandangan yang indah sehingga menjadi salah satu desa wisata yang dikembangkan di Kota Semarang. Namun banyaknya Desa Wisata yang berkembang tentunya mengurangi motivasi seseorang untuk datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang sehingga jumlah kunjungan tidak seramai desa wisata yang lain. agar Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang di kenal oleh Pengunjungnya diperlukan sebuah kegiatan promosi, agar P engunjung datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang..
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh promosi terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang?. 2) Adakah pengaruh tempat terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang?. 3) Adakah pengaruh promosi dan tempat terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sumber data yaitu hasil angket dan buku, jurnal, artikel yang terkait tentang penelitian. Data dikumpulkan melalui metode angket atau kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh promosi terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji dimana thitung > ttabel (5.824 > 1.960) dan memiliki nilai p-value 0.000 (0.000 < 0.05). 2) Terdapat pengaruh lokasi terhadap motivasi masyarakat datang ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji dimana thitung > ttabel (3.849 > 1.960) dan memiliki nilai p-value 0.000 (0.000 < 0.05). 3) Promosi dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap Motivasi Masyarakat Datang Ke Desa Wisata Kandri Kelurahan Kandri Gunung Pati Semarang, Hal ini ditunjukkan dengan hasil dari hasil dari uji ANOVA atau F test. F test yang menunjukkan nilai 41.060 dengan tingkat probabilitas 0,000 kurang dari 0,05. Dengan melihat asumsi di atas, maka probabilitas lebih kecil daripada 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 46%, sedang yang 54% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi ; Lokasi Motivasi Masyarakat ; Desa Wisata; Pariwisata
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:53
Last Modified: 02 Mar 2020 09:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10784

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics