Analisis ekonomi Islam pada strategi peningkatan produktivitas petani melalui kelompok tani di Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal

Tuffaturrohmah, Tuffaturrohmah (2019) Analisis ekonomi Islam pada strategi peningkatan produktivitas petani melalui kelompok tani di Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_132411104_Lengkap)
132411104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bertani merupakan suatu pekerjaan berat, banyak menghabiskan tenaga dan waktu, oleh karena itu seorang petani membutuhkan peningtan produktivitas dalam setiap usaha pertaniannya, produktivitas tersebut dapat diperoleh salah satunya melalui kelompok tani, karena dalam kelompok tani petani mendapatkan banyak ilmu, modal bahkan pelatihan untuk mengembangkan usaha pertaniannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan produktivitas petani melalui kelompok tani di Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal ?. 2) Bagaimana strategi peningkatan produktivitas petani melalui kelompok tani di Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer yaitu Sumber data dalam penelitian ini adalah petani juga masyarakat dan sumber data sekunder berupa buku, artikel dan jurnal yang membahas tentang tema penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi peningkatan produktivitas petani melalui kelompok tani di Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal dilakukan melalui perencanaan program kerja dan rapat kerja yang dilakukan setiap sebulan sekali, pengembangan usaha kelompok dengan pengembangan UMKM, kepemimpinan yang fleksibel yang mengedepankan demokratisasi dalam memimpin, adanya penyuluhan yang dilakukan oleh pimpinan dan dinas pertanian terkait, pendampingan kelompok tani untuk mengembangkan keterampilan dalam mengelola hasil tanaman, koperasi simpan pinjam untuk pengembangan usaha kelompok, pelatihan keterampilan pengolahan hasil pertanian yang dilakukan oleh dinas terkait maupun oleh anggota kelompok, pengawasan yang dilakukan pimpinan dan dinas pertanian, juga evaluasi terhadap kinerja kelompok tani yang dilakukan oleh pimpinan dalam setiap rapat. 2) Faktor pendukung strategi peningkatan produktivitas petani melalui kelompok tani Desa Sudipayung Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal terkait adanya kekompakan dari anggota kelompok, adanya pertemuan rutin, keinginan petani untuk berkembang lebih baik, adanya penyuluhan dan pendampingan, adanya koperasi simpan pinjam yang membantu permodalan anggota, kepemimpinan yang sangat medukung kerja anggota, dan adanya pelatihan, sedangkan faktor penghambat terkait masih kurangnya kesadaran dari masing-masing anggota kelompok, kurangnya pemahaman anggota terhadap kelompok tani, ada beberapa anggota yang mengikuti kelompok hanya untuk mendapatkan bantuan pupuk dan lain-lain, kurang perhatiannya pemerintahan terhadap pertanian, dan minimnya dana untuk kelompok tani baik dari desa maupun pemerintah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorFatoni, NurNIDN2011087301
UNSPECIFIEDMuheramtohadi, SinggihNIDN2031108201
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Simpanan ; Bank Sampah ; Pemberdayaan ; Ekonomi Umat ; Islam dan Ekonomi; Produksi (Ekonomi)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:56
Last Modified: 02 Mar 2020 09:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10785

Actions (login required)

View Item View Item