Analisis implementasi Total Quality Management (TQM) pada koperasi syari’ah : studi kasus di USPPS Yasmin Jepara

Wahyudi, Bayu (2019) Analisis implementasi Total Quality Management (TQM) pada koperasi syari’ah : studi kasus di USPPS Yasmin Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skrisi_132411120_Lengkap]
Preview
Text (Skrisi_132411120_Lengkap)
132411120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

TQM (total quality management) merupakan pendekatan dalam menjalankan usaha untuk memaksimalkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus pada produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Tujuan total quality management (TQM) adalah membentuk organisasi yang di dalamnya terdapat orang-orang terbaik di bidangnya. Untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan pemberdayaan karyawan dan kebijakan yang memberikan mereka kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah tersebut. Memahami kebutuhan dan keinginan nasabah, dalam hal ini anggota koperasi atau USPPS (Unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah) adalah hal penting yang mempengaruhi kepuasan anggota. Disamping masalah kepuasan anggota dalam penggunaan produk, yang menjadi permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Total Quality Management di USPPS Yasmin Jepara dan juga pola manajemen yang diterapkan dalam pengembangan manajemen koperasi syariah di USPPS Yasmin Jepara khususnya pada peningkatan kualitas sistem manajemen syari’ah.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk menelitinya yang mengacu pada pokok masalah sebagai berikut: Bagaimanakah analisis implementasi Total Quality Management (TQM) pada koperasi syari’ah USPPS Yasmin Jepara? Dan bagaimanakah Kendala dan Solusi dalam Implementasi Total Quality Management (TQM) pada koperasi syari’ah USPPS Yasmin Jepara?. Jenis penelitan ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif yang dilakukan di koperasi syari’ah USPPS Yasmin Jepara. Untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan metode pengumpulan data yaitu dokumentasi yang berupa laporan, profil kompani, dan struktur organisasi koperasi syari’ah USPPS Yasmin Jepara dan wawancara kepada pengurus koperasi syari’ah USPPS Yasmin Jepara dan juga kepada anggota/nasabah. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka peneliti menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Akhirnya penelitian ini berkesimpulan, Diantara Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam pengembangan lembaga di USPPS Yasmin Jepara yaitu : Strategi Sasaran lembaga di USPPS Yasmin Jepara, Rencana Strategis Tahunan serta Sasaran, Strategi, Kebijakan dan Program Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management ; Koperasi ; Kualitas (Pengawasan); Bank Islam; Bank dan Perbankan; Bank Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 09:59
Last Modified: 02 Mar 2020 09:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10786

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics