Analisis strategi marketing para pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT pasar Johar Semarang

Nuraini, Umi Latifah (2019) Analisis strategi marketing para pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT pasar Johar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_132411174_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_132411174_Lengkap)
132411174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Para pedagang eks pasar Johar banyak melakukan strategi pemasaran dengan memberi tahu pelanggan meskipun tidak semua mau mendatangi lapaknya lagi, bahkan ada pedagang yang memberikan harga yang murah agar pelanggan tetap mau memberli ditempatnya. Kebutuhan keluarga dan tidak adanya tempat lain yang menjajikan kondisi lebih baik menjadikan para pedagang tetap bertahan dengan tetap berharap akan ramai seperti di pasar Johar dan berusaha melakukan berbagai strategi pemasaran
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana problematika yang dihadapi para pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang ? 2) Bagaimana solusi pedagang untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam berdagang di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang ? 3) Bagaimana strategi marketing para pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang ?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer yaitu dokumen dan wawancara dengan Kasubag di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang dan sumber data sekunder dengan wawancara para pedagang dan pembeli di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian: Pertama,Problematika yang dihadapi pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang yaitu lokasi yang jauh dari akses transportasi, keamanan, infrastruktur dan keyamanan yang menjadikan sepinya pembeli. Kedua, Solusi yang pedagang untuk mengatasi problematika yaitu adanya pembinaan dan pemberdayaan para pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang seperti training melayani pembeli, penataan barang bagus, dan training manajemen pemberdayaan, selain itu peran pemerintah Kota Semarang dalam menghidupkan pasar baru ini perlu ditingkatkan dengan memberikan akses lebih baik ke pasar dan lebih banyak mempromosikan relokasi MAJT Pasar Johar Semarang, agar masyarakat pembeli melakukan pembelian. Ketiga, Strategi marketing para pedagang eks pasar Johar di relokasi MAJT Pasar Johar Semarang dilakukan dengan memberikan pelayanan yang ramah, harga yang bersaing, memberikan solusi pada pembeli dengan mencarikan barang sesuai budget, promosi lewat sosial media dan menjual barang model baru sesuai selera pasar. Dapat dianalisis faktor lokasi yang kurang strategis menjadi salah satu hal yang urgen dalam pemasaran produk yang di jual pedagang, maka pedagang membutuhkan unsur unsur marketing mix dalam meningkatkan omset penjualannya dengan mengedepankan merek yang berkualitas, pelayanan yang baik dan proses penjulan yang disesuaikan kebutuhan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing ; Relokasi Pasar ; Pasar Johar; Pemasaran; Pedagang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:01
Last Modified: 02 Mar 2020 10:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10787

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics