Peran Pemerintah Kabupaten Pati dalam menggerakkan ekonomi kreatif pada wisata religi : studi kasus makam Syeikh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati

Pamungkas, Wisnu Tri (2019) Peran Pemerintah Kabupaten Pati dalam menggerakkan ekonomi kreatif pada wisata religi : studi kasus makam Syeikh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1405026006_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1405026006_Lengkap)
1405026006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran pemerintah sangat krusial dalam perkembangan ekonomi kreatif. Sebagai penggerak/regulator dalam kegiatan ekonomi kreatif, lembaga pemerintah mempunyai peran tersendiri untuk mengembangkan industri kreatif terutama wisata religi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk menganalisis peran pemerintah dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di wisata religi makam Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen Pati. Dengan sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu, sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul digambarkan dan dijabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Setelah itu data dirangkum, kemudian disajikan, setelah itu data dianalisis dan ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini membuktikan. Pemerintah belum bisa memberi peran yang signifikan dalam menggerakkan ekonomi kreatif di wisata religi makam Syeikh Ahmad Mutamakkin, dikarenakan terbatasnya akses pemerintah kabupaten Pati yang disebabkan hal pemegangan otoritas, yang dipegang para dzurriyah (keturunan) Syeikh Ahmad Mutamakkin, kyai dan sesepuh. Sehingga akses pemerintah untuk mengembangkan dan menggerakkan ekonomi kreatif di wilayah ini terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif; Peran Pemerinah; Wisata Religi; Pariwisata; Manajemen Penjualan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:08
Last Modified: 03 Jul 2021 05:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics