Implementasi akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan iB hijrah rencana Bank Muamalat Kantor Cabang Kudus

Nafi’ah, Labibatun (2019) Implementasi akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan iB hijrah rencana Bank Muamalat Kantor Cabang Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1505036035_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1505036035_Lengkap)
1505036035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank Muamalat Kantor Cabang Kudus merupakan lembaga keuangan syariah yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana untuk masyarakat yang menggunakan prinsip-prinsip syari’ah Islam. Bank Muamalat memiliki beberapa produk unggulan dan penghimpunan dana (simpanan) salah satunya yaitu Tabungan iB Hijrah Rencana. Akad yang digunakan dalam tabungan iB Hijrah rencana adalah akad mudharabah muthlaqah. Penelitian bermaksud untuk meneliti bagaimana implementasi akad mudharabah muthlaqah pada tabungan iB Hijrah Rencana dan bagaimana implementasi sistem autodebet, asuransi dan ketentuan bagi hasil. Tujuan yang ingin dicapai peneliti dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan iB Hijrah Rencana Bank Muamalat dan implementasi sistem autodebet asuransi dan ketentuan bagi hasil tabungan iB Hijrah Rencana Bank Muamalat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian, yakni berupa wawancara dan observasi. Adapun data sekunder berupa dokumentasi diperoleh dari Bank Muamalat. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, dengan mendeskripsikan apa yang ditemukan dilapangan kemudian dianalisis dengan teori-teori yang ada yang ada.
Hasil penelitian menemukan bahwa, Tabungan iB Hijrah Rencana Bank Muamalat Cabang Kudus menggunakanmenggunakan akad Mudharabah Muthlaqah sesuai dengan skema akad Mudharabah dan fatwa DSN-MUI dengan ketentuan terdapat modal yang diberikan pihak nasabah sebagai pemilik modal (Shahibul Maal) kepada pihak bank sebagai pengelola (Mudharib) atas kerjasamanya dan Bank bebas untuk menggunakan modal dari nasabah. Tabungan iB Hijrah Rencana dalam praktiknya di Bank Muamalat Kantor Cabang Kudus bahwa sistem autodebet memberikan kemudahan dalam bertransaksi tanpa setiap bulan setor ke Bank karena sistem autodebet secara otomatis uang nasabah akan berpindah alih dari tabungan iB Hijrah ke tabungan iB Hijrah Rencana. Asuransi jiwa merupakan nilai plus pada tabungan iB Hijrah Rencana dengan memberi pertolongan kepada nasabah yang meninggal dunia, tanpa ada premi setiap bulannya. Perhitungan bagi hasil yang diterapkan di Tabungan iB Hijrah Rencana Bank Muamalat Kantor Cabang Kudus menggunakan metode profit sharing dengan perhitungan bagi hasil berdasarkan hasil bersih dari total pendapatan setelah dikurangi dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan, dengan kesepakan antara pihak Bank dan pihak Nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: mudharabah muthlaqah ; autodebet ; fasilitas ; bagi hasil ; Bank Muamalat Cabang Kudus; Jual Beli (Islam); Islam dan Ekonomi; Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:15
Last Modified: 02 Mar 2020 10:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics