Strategi penghimpunan dana (fundraising) wakaf uang di KSPPS Tamzis Bina Utama

Khasanah, Eka Khumaidatul (2019) Strategi penghimpunan dana (fundraising) wakaf uang di KSPPS Tamzis Bina Utama. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1705026188_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1705026188_Lengkap)
1705026188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

KSPPS Tamzis Bina Utama merupakan salah satu Lembaga Keuangan Syari’ah yang berkecimpung dan ikut serta menghimpun dan menyalurkan wakaf uang dari anggota, dan karyawan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. Namun, KSPPS Tamzis Bina Utama ini belum mampu mengejar kesuksesan perbankan dalam mensejahterakan masyarakat. Hal ini terjadi salah satunya dikarenakan biaya dana sebagai pendukung perluasan segmen pembiayaan sangat mahal. Dengan demikian, KSPPS Tamzis Bina Utama perlu adanya diversifikasi sumber-sumber pendanaan yang murah, terutama menggunakan dana wakaf uang. Agar optimal dalam penggunaan dana wakaf uang ini, maka diperlukan trategi penghimpunan dana wakaf uang yang efektif dan efisien. KSPPS Tamzis Bina Utama telah menggunakan strategi yang berbeda dengan BMT lainnya dalam pengumpulan dana wakaf uang ini yaitu menggunakan konsep BMT Inheren.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi penghimpunan dana wakaf uang di KSPPS Tamzis dan bagaimana efektivitas strategi fundraising wakaf uang KSPPS Tamzis dalam menarik wakif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di KSPPS Tamzis Bina Utama untuk memperoleh data yang relevan atau sumber data (primer dan sekunder) penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian dari data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kual itatif.
Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah penulis paparkan, maka dapat disimpulkan bahwa: Baitul Maal KSPPS Tamzis menerapkan konsep BMT Inheren dalam penghimpunan dana (fundraising) wakaf UANG. BMT Inheren ini merupakan penyatuan pelayanan kegiatan tamwil (bisnis) dan maal (sosial). Sehingga dalam diri setiap karyawan berusaha menanamkan penguasaan pelayanan tamwil tanpa mengesampikan pelayanan maal. Hal ini diterapkan agar tujuan profit dan benefit tercapai secara bersamaan. Konsep ini juga ditunjang dengan kehadiran aplikasi M-Tamzis yang memudahkan anggota maupun karyawan melakukan transaksi baik tamwil maupun maal. Strategi penghimpunan dana yang diterapkan oleh KSPPS Tamzis Bina Utama ini sangat efektif. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rasio efektivitas perolehan wakaf uang pada tahun 2018 sebesar 1, 31 sedangkan pada saat sebelum penerapan konsep Inheren dilegalkan, yaitu pada tahun 2017 sebesar 1, 25. Dari perolehan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa rasio efektivitas pada tahun 2018 mengalami kenaikan 0, 06 dari tahun sebelumnya dan melampau target yang ditentukan serta rasio menunjukkan nilai lebih dari 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fundraising; Wakaf uang; KSPPS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 03 Mar 2020 07:15
Last Modified: 03 Mar 2020 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10795

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics