Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menghitung Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang di Kelas III Semester 2 MI Miftahul Akhlaqiyah

Lestari, Suci (2012) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menghitung Keliling, Luas Persegi dan Persegi Panjang di Kelas III Semester 2 MI Miftahul Akhlaqiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911054_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911054_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911054_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911054_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911054_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911054_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911054_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pemebelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang di Kelas III Semester 2 MI Miftahul Akhlaqiyah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MI Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III, sedangkan sampelnya adalah kelas III A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan III B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 52 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homgenitas dengan menggunakan nilai ujian semester ganjil. Kemudian kedua kelas dibei perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data diperoleh, terlebih dahulu dilakukan uji persyarat analisis data awal dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan t-tes diperoleh t hitung sebesar 3,466, dengan taraf signifikan α = 5% dengan t tabel sebesar 1.684. Karena t hitung > t tabel maka berarti rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,81 dan kelas kontrol adalah 65,96. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif terhadap hasil belajar siswa Pokok Bahasan Menghitung Keliling, Luas Persegi Dan Persegi Panjang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning; Strategi Pembelajaran; Team Assisted Individualization (TAI); Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:35
Last Modified: 19 Dec 2013 06:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item