Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Satuan Panjang dengan Menggunakan Alat Peraga Kelas III di MI Annuriyyah Purwodadi TP 2011/2012

Nikmah, Umi Hasanatun (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Satuan Panjang dengan Menggunakan Alat Peraga Kelas III di MI Annuriyyah Purwodadi TP 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911057_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911057_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911057_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911057_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911057_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911057_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911057_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dalam pembelajaran serta keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Annuriyyah Purwodadi dalam mata pelajaran matematika materi pokok satuan panjang. Penelitian ini menggunakan studi Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research).Tahapan langkah disusun dalam tiga tahap yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pra siklus dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran yang belum menggunakan alat peraga sedangkan siklus I dan siklus II terdiri atas Perencanaan, pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Hasil siklus I menunjukan bahwa nilai rata-rata tes pertama adalah 6,7 dengan banyaknya 55 % tuntas dan 36 % peserta didik belum tuntas. Penampilan atau kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran menggunakan alat peraga adalah 85,93% sehingga dapat dikatakan guru sudah dapat melaksanakan pembelajaran baik sekali, dan aktivitas peserta didik adalah 79,17% sehingga dapat dikatakan bahwa banyak peserta didik yang melakukan aktivitas dalam pembelajaran matematika menggunakan alat peraga kriteria baik sekali. Pada siklus II rata-rata nilai tes adalah 8,1 dan kemampuan guru pembelajaran mencapai 92,96 % berkriteria baik sekali dengan persentase aktivitas peserta didik juga meningkat yaitu mencapai 87,5 % sehingga dikatakan bukti telah baik sekali. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan aktivitas guru dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta didik kelas III MI Annuriyyah purwodadi materi pokok satuan panjang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru mata pelajaran matematika hendaknya menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi agar peserta didik lebih paham dan menyenangkan juga termotivasi untuk belajar matematika sehingga hasil belajar dan aktivitas peserta didik mencapai hasil yang optimal.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:36
Last Modified: 19 Dec 2013 06:36
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item