Bimbingan agama dalam mengendalikan emosi siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Mangkang

Fitriya, Fitriya (2019) Bimbingan agama dalam mengendalikan emosi siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Mangkang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131111056.pdf]
Preview
Text
131111056.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fitriya (131111056) “Bimbingan Agama dalam Pengendalian Emosi Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah NU Nurul Huda Mangkang”

Setiap manusia pada dasarnya memerlukan bimbingan sejak kecil, manusia selalu akrab dan bertemu dengan berbagai problem, terutama untuk mempersiapkan masa dewasanya kelak supaya dapat diterima oleh lingkungan dan masyarakat sekitar. Masyarakat secara umum juga memerlukan bimbingan, karena banyak anggota masyarakat yang bingung menghadapi berbagai masalah sosial disekitar mereka, maka dengan bimbingan dan konseling yang benar, kehidupan masyarakat akan berjalan baik dan terarah. Begitu juga khususnya kepada para pelejar. Penelitian ini bertujuan untuk:pertama, untuk mengetahui dan menganalisis problem emosi siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang. Kedua, untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan agama dalam mengendalikan emosi siswa VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru BK, siswa kelas VII dan wali kelas VIII dan guru agama MTs NU Nurul Huda Mangkang, untuk sumber data sekunder penulis memperoleh data dari buku, jurnal, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian, foto-foto, dan lain-lain. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Adapun analisis data melalui tiga tahab yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan).

Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, Problem emosi yang dialami oleh siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang meliputi beberapa hal seperti marah, jengkel dan gugup karena siswa belum bisa mengendalikan emosinya. Ketika dihadapkan dengan masalah yang menurut mereka tidak berkenan dihati. Masih labilnya emosi yang mereka miliki sehinggga mudah marah atau mudah tersinggung, disamping itu kurangnya dan minimnya pengetahuan para siswa tentang pentingnya menahan emosi atau mengendalian emosi ketika ada orang lain menghina atau berbuat tidak baik kepada mereka. Kedua, Pelaksanaan bimbingan agama dalam mengendalikan emosi sisws kelas VIII di di MTs NU Nurul Huda Mangkang meliputi beberapa hal seperti dilakukan oleh guru agama dan konselor atau guru BK profesional dengan menggunakan metode langsung yang dipusatkan pada keadaan siswa. Dengan diterapkannya metode langsung, dapat mengurangi permasalahan siswa-siswi di sekolah MTs NU Nurul Huda Mangkang. Hal ini sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, yaitu dapat bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas bimbingan agama dalam mengendalikan emosi siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang. Dan membantu dalam menyelesaikan permasalahan siswa yang berkaitan dengan emosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama; Emosi siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:45
Last Modified: 21 Jul 2021 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics