Pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi anak jalanan di Padepokan Anggur Ijo Ngaliyan Semarang : analisis bimbingan dan konseling Islam

Susiana, Susiana (2019) Pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi anak jalanan di Padepokan Anggur Ijo Ngaliyan Semarang : analisis bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131111066.pdf]
Preview
Text
131111066.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh SUSIANA (131111066) dengan judul “Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Jalanan Di Padepokan Anggur Ijo Ngaliyan Semarang (Analisis Bimbingan dan Konseling Islam)”. Pokok dari permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi anak jalanan di padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang. (2) Bagaimana analisis bimbingan dan konseling Islam di padepokan ang Anggur Ijo Ngalian Semarang. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menegetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling bagi anak jalanan di Padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang. (2) Untuk mengetahui analisis bimbingan dan konseling Islam di padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang.

Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber dari primer yang diperoleh dari wawancara kepada jama’ah, pengasuh padepokan, ketua padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang data pendukung yang terkait dengan dokumen-dokumen padepokan, dan foto-foto yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti, melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian bahwa ada tahapan-tahapan yang di gunakan dalam peaksanaan bimbingan dan konseling Islam yang digunakan pembimbing dalam pelaksanaannya di padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang untuk jama’ah khususnya anak jalanan yaitu: pertama, membangun hubungan yaitu sasaran pertama supaya klien dapat menjelaskan masalah yang di hadapinya, kepribadian yang dimilikinya, serta alasannnya datang. Kedua, identifikasi dan penilaian masalah. Ketiga, memfasilitasi perubahan. Empat, evaluasi dan terminasi. Dalam melaksanakan bimbingan dan konseling Islam diperlukan metode untuk melaksanakanya. Berikut adalah metode yang diterapkan di padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang: a. Metode konseling individu b. Metode konseling kelompok cData tentang keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling islam di padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang yang dilakukan dari beberapa kegiatan dan metode pelaksanaannya, setelah melaksanakan bimbingan dan konseling Islam tersebut menunjukkan bahwa terjadi perubahan sikap pada jama’ah anak jalanan, hal ini dapat dibuktikan dengan kondisi jama’ah yang biasanya sering melakukan penyimpangan dan melakukan kegiatan-kegitan yang merugikan bagi dirinya dan masyarakat karena terpengaruh oleh teman-temanya dan lingkungan, sekarang mulai jarang melakukan penyimpangan tersebut. Selain itu mereka juga mulai aktif dalam mengikuti kegiatan yang lebih bermanfaat dan jarang melakukan kegiatan penyimpangan. Keberhasilan lain dari kegiatan bimbingan dan konseling Islam yang dilaksanakan juga tampak pada respon positif dari para jamaah khususnya jama’ah anak jalanan. Mereka merasakan hal yang lebih baik daripada sebelumnya misalnya, sebelum datang ke Padepokan Anggur Ijo Ngalian Semarang mereka masih melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak baik seperti, mabuk-mabukan dan lain sebagainya, kemudian setelah mereka datan ke padepokan dan mendapat bimbinganan konseling mereka dapat melakukan keitan-kegitan yang lebih bermanfaat, seperti sholat. mengaji dan kegiatan yang bermanfaat lainnya. Hidup mereka lebih tenang, menjadi faham ilmu agama, serta semakin jelas arah dan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; Anak jalanan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:47
Last Modified: 22 May 2021 07:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10818

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics