Motif pekerja seks komersial (PSK) dalam berjilbab di Resosialisasi Argorejo Semarang : analisis tujuan dakwah

Aini, Nurul (2019) Motif pekerja seks komersial (PSK) dalam berjilbab di Resosialisasi Argorejo Semarang : analisis tujuan dakwah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1401016008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul: “Motif Pekerja Seks Komersial (PSK) Dalam Berjilbab di Resosialisasi Argorejo Semarang (Analisis Tujuan Dakwah)”. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang Tahun 2019. Penulis: Nurul Aini NIM: 1401016008. Pelacuran atau prostitusi merupakan kegiatan penyimpangan sosial yang dilatarbelakangi karena banyak faktor. PSK adalah seseorang yang menjual jasa untuk berhubungan seksual dengan harapan diberi upah. Pekerjaan menjadi seorang PSK merupakan aktivitas yang dilarang oleh agama namun sebagian PSK juga masih tetap menjalankan kewajibannya menjadi seorang muslim yaitu dengan menutup aurat atau memakai jilbab. Penelitian pemakaian jilbab oleh PSK ini dibatasi oleh peneliti dengan lebih memfokuskan pada informan yang pemakaian jilbab dengan intensitas waktu lebih sering sehingga peneliti fokus kepada empat (4) infroman. Tempat lokalisasi yang ada di Semarang yaitu Resosialisasi Argorejo memiliki anak asuh yang sebagian kecil dari mereka mengenakan jilbab meskipun mereka pun sadar akan pekerjaan mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan motif dan tujuan dari Pekerja Seks Komersial (PSK) dalam berjilbab di Resosialisasi Argorejo. (2) Mendeskripsikan analisis tujuan dakwah Pekerja Seks Komersial (PSK) dalam motif berjilbab di Resosialisasi Argorejo. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini diambil dari wawancara dengan PSK, pengurus Resosialisasi Argorejo dan dai atau penyuluh agama di Resosialisasi Argorejo. Data juga diambil dari observasi dan dokumentasi yang masih relevan dengan penelitian. Analisis data dalam penelitian ini adalah sumber, kemudian direduksi, dirangkum, dipilih hal-hal yang pokok dan disimpulkan dengan menggunakan model analisis data dan hasil yang dideskripsikan dengan uraian kata. Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, Motif PSK dalam berjilbab di Resosisalisasi Argorejo Semarang yaitu motif teogenetis. Motif teogenetis muncul karena dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor akan kesadaran diri dalam memakai jilbab. Motif sosiogenetis muncul karena dipengaruhi oleh faktor eksternal berupa lingkungan terutama lingkungan keluarga sehingga PSK memakai jilbab karena sebab suruhan dari orang tua yang sudah diajarkan sejak kecil. Kedua, kegiatan dakwah merupakan sebuah proses yang memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai tujuannya. Tujuan dakwah yang telah dicapai oleh PSK yaitu tujuan dakwah dalam jangka pendek berupa pemakaian jilbab. Pemakaian jilbab oleh PSK selain untuk kenyamanan, PSK juga berharap bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik meskipun belum sempurna.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMurtadho, AliNIDN2018086901
Thesis advisorHasanah, HasyimNIDN2002038201
Uncontrolled Keywords: Motif; Pekerja Seks Komersial (PSK); Jilbab; Tujuan dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:52
Last Modified: 05 Mar 2020 03:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item