Analisis pesan dakwah dalam puisi "Semarang Surga Yang Hilang" Karya Djawahir Muhammad

Tahriq, Achmat (2019) Analisis pesan dakwah dalam puisi "Semarang Surga Yang Hilang" Karya Djawahir Muhammad. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 121211016.pdf]
Preview
Text
121211016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah merupakan proses yang berkesinambungan yaitu suatu prosesyang bukan insidental atau kebetulan, melainkan benar-benar dilaksanakan dan dievaluasi secara terus menerus oleh para pengemban dakwah dalam rangka mengubah perilaku sasaran dakwah. Pesan dakwah adalah beberapa macam informasi dari berbagai sumber dalam sebuah dakwah atau seruan yang bersifat kepada ajakan positif mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Pesan dalam dakwah dapat dikemas dari berbagai aspek, salah satunya dengan karya sastra puisi. Puisi merupakan jenis karya sastra yang mengungkapkan penggambaran oleh penyair secara kreatif dan imajinatif yang disusun dengan bahasa-bahasa yang indah. Penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan makna Puisi “Semarang, Surga yang Hilang” karya Djawahir Muhammad agar diketahui apa pesan-pesan dakwah apa saja yang terkandung di dalamnya. Untuk itu dalam penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah apa pesan dakwah yang terkandung dalam Puisi “Semarang, Surga yang Hilang” karya Djawahir Muhammad. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dapat menafsirkan secara lebih sistematis atas bait-bait dalam Puisi “Semarang, Surga yang Hilang” yang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari teks Puisi “Semarang, Surga yang Hilang”. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, soft file, karya ilmiah, maupun data-data dari internet. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi dari rekaman teks Puisi “Semarang, Surga yang Hilang”. Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalis semiotik dengan fokus pada struktural genetik. Karena puisi merupakan karya satra yang sarat akan nilai estetike sehingga memerlukan suatu pendekatan untuk mengkaji lebih mendalam. Struktural genetik mengkaji syair dari sisi latar belakang penciptaanya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Puisi “Semarang, Surga yang Hilang” karya Djawahir Muhammad, dengan delapan bait yang diteliti mengandung nilai-nilai dakwah. Nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam Puisi “Semarang, Surga yang Hilang” tersebut meliputi bidang aqidah. Dari kedelapan bait Puisi “Semarang, Surga yang Hilang” tersebut terdapat pesan yang terbagi kedalam bidang aqidah yaitu iman kepada Allah, iman kepada Rasullah, dan iman kepada takdir..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Puisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
800 Literature and rhetoric > 808 Rhetoric and collections of literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:17
Last Modified: 05 Mar 2020 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics