Analisis isi kitab Syi'ir Ngudi Susila karya K.H. Bisri Mustofa

Nadzif, M. Khoirun (2019) Analisis isi kitab Syi'ir Ngudi Susila karya K.H. Bisri Mustofa. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 121211060.pdf]
Preview
Text
121211060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena salah satu bentuk akhlakul karimah yang mulai berkurang pada generasi sekarang yaitu birrul walidain seperti kasus kekejaman terhadap ibu kandung yang terjadi di Bugangan Semarang Timur anak berbuat kasar dengan ibu kandungnya ketika kemauannya tidak dituruti. Fenomena tersebut menjadikan pentingnya dakwah Islam untuk memberikan wawasan pentingnya aktualisasi nilai-nilai birrul walidain sebagai pandangan hidup. Namun demikian dalam usaha aktualisasi nilai-nilai birrul walidain memerlukan proses yang lama, agar penanaman tersebut bukan sekedar dalam formalitas namun telah masuk dalam dataran praktis. Aktualisasi nilai-nilai birrul walidain memerlukan proses yang lama, agar penanaman tersebut bukan sekedar dalam formalitas namun telah masuk dalam dataran praktis. Nilai-nilai birrul walidain terdapat pada kitab Syi’ir Ngudi Susilo.

Jenis penelitian adalah kepustakaan dengan pendekatan deskriptif analitis. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Syi’ir Ngudio Susilo karya K.H. Bisri Mustofa, sedangkan sumber data sekunder diambil dari tulisan orang lain tentang KH. Bisri Mustofa, pesan dakwah dan birrul walidain. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah birrul walidain dalam Syi’ir Ngudi Susilo Karya K.H. Bisri Mustofa mengarah pada ajakan ma’ruf kepada generasi muda khususnya taat, hormat dan patuh terhadap orang tua, baik ketika orang tua masih hidup maupun ketika sudah meninggal. Melakukan perkataan yang lemah lembut kepada orang tua dan tidak kasar, menuruti perintah dengan senang hati, tidak berdebat dengan kasar, berkomunikasi dengan baik pada orang tua, tidak berbicara keras ketika orang tua tidur, saling berbagi dengan keluarga dan sesama, menghargai teman orang tua dan mendoakan orang tua ketika sudah meninggal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Birrul walidain
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:31
Last Modified: 05 Mar 2020 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10830

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics