Metode dakwah online majalah Hidayatullah

Fadli, Muftiari (2019) Metode dakwah online majalah Hidayatullah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 121211066.pdf]
Preview
Text
121211066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Metode dakwah adalah jalan atau cara untuk mencapai tujuan dakwah yang dilaksanakan secara efektif dan efisien. Tantangan dakwah di zaman sekarang begitu kompleks, karena berkaitan dengan munculnya media siber sebagai media komunikasi baru. Media siber yang disebut juga dengan media online, digital media, media virtual, e-media, network media, media baru, dan media web. Media baru menempatkan khalayak tidak sekedar sebagai objek sasaran dari pesan tetapi juga sebagai subjek pembuat pesan. Perubahan teknologi media serta pemaknaan terhadap media telah memperbaharui peran khalayak untuk menjadi lebih interaktif terhadap pesan. Komunikasi interaktif ini telah mengaburkan batasan-batasan fisik maupun sosial. Majalah Hidayatullah merupakan salah satu media yang menggunakan sistem online dalam menyebarluaskan informasi dakwah Islam. Penambahan platform dakwah majalah hidayatullah diikuti dengan metode yang digunakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis metode dakwah majalah hidayatullah dengan platform online.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah data di situs online www.hidayatullah.com. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menemukan bahwa metode dakwah yang digunakan adalah metode mauidzah hasanah yang terdiri dari nasihat, bimbingan, kisah-kisah, kabar gembira, peringatan dan wasiat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Media online
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:17
Last Modified: 05 Jul 2021 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics