Penggunaan Instagram sebagai media dakwah di Komunitas Nongkrong Tobat Santrendelik

Anam, Saiful (2019) Penggunaan Instagram sebagai media dakwah di Komunitas Nongkrong Tobat Santrendelik. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
121211085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Saiful Anam (121211085). Penggunaan Instagram Sebagai Media Dakwah Di Komunitas Nongkrong Tobat Santrendelik. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. 2019 Era digital banyak memunculkan jejaring media sosial baru yang dapat digunakan untuk berbagai macam pemanfaatan. Salah satu bentuk eksplorasi pemanfaatan instagram adalah dijadikannya Instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian yang mencoba menjabarkan tentang penggunaan Instagram sebagai media dakwah di komunitas Nongkrong Tobat sebagai trend media dakwah baru. Adapun Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) bagaimana penggunaan Instagram sebagai media dakwah,di komunitas Nongkrong Tobat? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis deskriptif dengan pendekatan field research. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan model teknik analisis Hubermen dan Miles, melalui tiga tahapan yaitu: penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap akun @Santrendelik di Instagram, ditemukan bahwa anggota Komunitas Nongkrong Tobat Santrendelik mayoritas menggunakan Instagram sebagai media dakwah. berbagai macam fitur untuk mengunggah pesan dakwahnya baik berupa foto, story maupun video. Penggunaan Intsagram sebagai media dakwah di Komunitas Nongkrong Tobat Santrendelik melalui beberapa tahapan, yaitu perumusan konten, olah desain grafis, posting dan kemudian didistribusikan. .

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSholihati, SitiNIDN2017106301
Thesis advisorHandayani, Rini MayaNIDN2005057602
Uncontrolled Keywords: Media dakwah; Instagram; Komunitas Nongkrong Tobat
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 004 Computer science
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:27
Last Modified: 05 Mar 2020 06:27
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item