Komodifikasi dalam iklan "Larutan Cap Badak"

Septadhuha, Yudisa Radianto (2019) Komodifikasi dalam iklan "Larutan Cap Badak". Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 121211119.pdf]
Preview
Text
121211119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Iklan larutan Cap Badak menarik untuk diamati karena di satu sisi merupakan pintu masuk bagi penyebaran nilai-nilai agama, tapi di sisi lain tantangan kapitalisme melalui production house (rumah produksi) menggunakan kesempatan ini untuk memupuk keuntungan. Mereka tidak peduli terhadap kebenaran pesan-pesan dari iklan yang ditayangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna tanda-tanda komodifikasi agama dalam iklan larutan Cap Badak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari tayangan iklan yang dijadikan obyek penelitian yaitu iklan larutan Cap Badak dalam bentuk file MP4, sedangkan sumber sekunder adalah sumber data bukan berasal dari iklan larutan Cap Badak melainkan tulisan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk komodifikasi agama dalam iklan larutan Cap Badak terletak pada penggunaan ustadz Zahrul Azhar, M.Kes (Gus Hans) yang memilik jabatan sebagai Ketua LKK PWNU, sebagai model iklan yang merepresentasikan kalangan ulama‟, mengajak untuk berpuasa sunnah dan pemakaian busana muslim yang merepresentasikan produk yang layak digunakan masyarakat muslim, mengajak sahur dan berbuka puasa yang merepresentasikan produk ini baik digunakan masyarakat muslim yang sedang puasa sehingga menunjukkan komodifikasi agama berupa produk ini dikhususnya bagi muslim, tersenyum dan penggunaan etika mengangkat dan meminum dengan tangan kanan mempresentasikan produk ini sesuai dengan etika Islam sehingga menarik konsumen masyarakat muslim dan terakhir adanya lambang halal yang merupakan syarat diperbolehkannya minuman boleh dikonsumsi oleh masyarakat muslim menjadikan produk ini menarik masyakat untuk mengkonsumsinya. Komodifikasi dalam iklan larutan Cap Badak lebih mengarah pada penggunaan subyek ulama‟, ajaran Islam dan etika Islam untuk menarik konsumen memilih produknya, sehingga memperoleh keuntungan dari penjulan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi; Iklan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:06
Last Modified: 05 Mar 2020 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10838

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics