Studi pengelolaan dakwah di Yayasan Santren Delik Kota Semarang

Mufid, Ali (2019) Studi pengelolaan dakwah di Yayasan Santren Delik Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 121311007.pdf]
Preview
Text
121311007.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ali Mufid (121311007). Studi Pengelolaan Dakwah di Yayasan Santrendelik Kota Semarang. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. 2019.

Santrendelik adalah sebuah lembaga dakwah yang berada di bawah naungan Yayasan Santrendelik. Manajemen dakwah yang diterapkan di Santrendelik berlangsung secara konsisten sejak 2014 dan kegiatan dakwah yang ada sudah berkembang sedemikian rupa. Dari kondisi tersebut, penulis merumuskan permasalahan yaitu Bagaimana pengelolaan dakwah di Yayasan Santrendelik Kota Semarang?

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis kualitatif deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan:

Fungsi pengelolaan kegiatan dakwah di Santrendelik meliputi empat tahap, yaitu: (1) Planning (perencanaan), (2) Organizing (pengorganisasian), (3) Actuating (pelaksanaan) dan (4) Controlling (pengawasan) dengan menerapkan rincian prinsip-prinsip keempat tahap tersebut. Tahap perencanaan yang dilaksanakan dalam kegiatan dakwah di Santrendelik dilakukan sejak awal dengan memfokuskan kegiatan dakwah untuk generasi muda di Kota Semarang. Termasuk juga mempersiapkan gagasan-gagasan yang menarik bagi anak muda, menyiapkan tata kelola tempat yang nyaman, serta sumber dana untuk pengelolaan. Tahap pengorganisasian yang dilaksanakan dalam kegiatan dakwah di Santrendelik, meliputi: 1) Membagi dan menggolongkan tindakan-tindakan dalam bagian-bagian yang diisi oleh pengurus harian dan relawan 2) Menetapkan serta merumuskan tugas masing-masing koordinator divisi dan relawan, 3) Memberikan wewenang kepada masing-masing coordinator untuk memutuskan hal yang berkaitan dengan tugasnya, dan 4) Menetapkan garis instruksi serta garis koordinasi. Tahap pelaksanaan yang dilaksanakan dalam kegiatan dakwah di Santrendelik, meliputi: 1) Memberikan motivasi kepada para relawan, 2) Penjalinan hubungan yang bersifat kekeluargaan antara Pengurus harian dan relawan, dan 3) Penyelenggaraan komunikasi kepada pihak-pihak yang terkait. Tahap evaluasi dan pengawasan yang dilaksanakan dalam kegiatan dakwah di Santrendelik, meliputi: 1) evaluasi internal, yang diadakan setiap setelah selesai kegiatan dan 2) evaluasi eksternal, yang diadakan setahun sekali yaitu pada rapat LPJ.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:35
Last Modified: 23 May 2021 05:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10846

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics