Manajemen pengembangan sapta pesona wisata Masjid Agung Jawa Tengah

Faikoh, Lulu (2019) Manajemen pengembangan sapta pesona wisata Masjid Agung Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131311006.pdf]
Preview
Text
131311006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh Masjid Agung Jawa Tengah diasumsikan menjadi masjid yang memiliki sumber dana kuat, mandiri, berdaya, dan mampu memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat di sekitarnya. Namun pada kenyataannya Masjid Agung Jawa tengah tidak berbeda dengan masjid-masjid sejenis yang mengandalkan pendanaannya dari kotak infak dan donasi jamaah. Realita ini memunculkan banyak pertanyaan mengenai permasalahan apa yang sebenarnya dihadapi oleh Masjid Agung Jawa tengah sehingga tidak mampu memberikan hasil yang sebanding dengan potensi yang dimiliki. Dari sinilah potensi wisata religi Masjid Agung Jawa Tengah mulai dikembangkan dengan membuat program Sapta Wisata.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Manajemen Pengembangan Sapta Pesona Wisata Masjid Agung Jawa Tengah?. 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat manajemen pengembangan sapta pesona Masjid Agung Jawa Tengah?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data di peroleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis data dengan tahapan data reduksi, data display dan verification data/ conclusion drawing.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Manajemen pengembangan sapta pesona wisata Masjid Agung Jawa Tengah dengan merencanakan, mengorganisasi, mengaktualisasi dan pengawasan terhadap program sapta pesona wisata Masjid Agung Jawa Tengah. Perencanaan dilakukan dengan menyusun rencana strategis dan program kegiatan bidang pariwisata, kemudian diorganisasi dengan membuat pembagian tugas terhadap program sapta pesona wisata yang melibatkan semua struktur kepala kantor, kasubag-kasubag sub bagian-bagian, dari penugasan tersebut diaktulisasikan dalam bentuk kegiatan dengan satu pengarahan yang jelas pimpinan yang dilaksanakan semua anggota, setelah program dilaksanakan kemudian dilakukan pengawasan dan evaluasi dari setiap tugas bagian-bagian secara periodik kontrol terhadap program kerja dan pelaksanaan kegiatan di Masjid Agung Jawa Tengah dengan mengadakan rapat seminggu sekali. 2) Faktor pendukung pengembangan sapta pesona wisata Masjid Agung Jawa Tengah terkait banyaknya orang yang melakukan kunjungan, manusia dan sumber daya finansial, daya dukung takmir yang menjadi narasumber kajian adanya seleksi dari pengurus-pengurus Masjid Agung Jawa Tengah, adanya unit-unit usaha yang digunakan untuk membiayai kegiatan yang ada di Masjid, sedangkan faktor penghambat pengembangan sapta pesona wisata Masjid Agung Jawa Tengah terkait ada beberapa karyawan yang kurang disiplin, Jama‟ahnya dari luar negeri tidak sesuai yang diharapkan, orang mengkritik kinerjanya kurang cepat dan kurangnya kesadaran dari pengunjung yang mentaati aturan dan menjaga kebersihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen wisata; Manajemen masjid; Wisata religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
900 Geography and history > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:42
Last Modified: 23 May 2021 05:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10849

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics