Penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara

Farid, Khoiruddin (2019) Penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 131311087.pdf]
Preview
Text
131311087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pengaruh negatif dari perubahan zaman dan kebisaan masyarakat yang melanggar ajaran agama sebagaimana yang terjadi di daerah Bangsri Jepara seperti pergaulan bebas, minuman keras, judi, dan perilaku negatif lainnya dekian juga Banyak remaja di Bangsri Jepara banyak yang tidak mampu menyaring yang baik dan yang kurang baik dalam pergaulannya sehari-hari. Seperti contoh, remaja di sana dalam interaksi sesama temanya tidak mampu mengontrol dalam pergaulan, terbukti kebiasaan mereka dengan mabuk-mabukan, judi, dan main wanita, menjadi masalah tersendiri yang perlu disakapi dengan bijak oleh para da‟i. MWC NU Bangsri Jepara sebagai lembaga sosial keagamaan masyarakat menyikapinya dengan melakukan program dakwah lailatul Ijtima yang dilakukan Majelis wakil MWC NU Bangsri Jepara.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara?. 2) Bagaimana atsar dari penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara?. 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara?

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara merupakan kegiatan yang diprogramkan Nahdlatul Ulama yang dilaksanakan di malam hari yang diarahkan untuk menguatkan silaturahmi antar alim ulama kyai, Ustadz, tokoh masyarakat dan masyarakat guna memahamkan ajaran-ajaran ahlussunah wal jamaah, yang terpaling penting adalah untuk pembinaan remaja dari sejak dini, pelaksanaannya dilakukan melalui shalat berjamaah, mengaji al-Qur‟an dan khataman al-Qur‟an, istigasah, membaca surat yasin, membaca tahlil, manaqib Sultan Al Aulia Sayyidina Syekh Abdul Qadir Al-Jîlãni, membaca s}alawat nariyah, mauiz}ol h}asanah, shalat tasbih, shalat hajat, dialog agama dan diskusi. 2) Faktor pendukung penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara adalah Keinginan jama‟ah untuk punya himmah untuk belajar dan beribadah untuk menjadi jama‟ah yang taat beribadah, adanya pemberian fasilitas dari pengurus terhadap kegiatan, koordinasi yang baik antara pengurus dan panitia, adanya gotong royong diantara pimpinan, pengurus dan masyarakat dalam mensukseskan kegiatan, adanya kekompakan atau kerja sama antara pengurus dan panitia sehingga antusias jamaahnya banyak dan adanya pihak Ulama selalu memberikan panutan yang baik pada jam‟ah. Sedangkan faktor penghambat penyelenggaraan dakwah lailatul ijtima terkait dengan intesitas jama‟ah yang kurang istiqomah, tidak semua masyarakat tertarik dengan kegiatan ini, efek perkembangan teknologi informasi, pergaulan yang semakin negatif. 3) Atsar dari penyelenggaraan dakwah pada lailatul ijtima di MWC Nahdlatul Ulama Bangsri Jepara mampu dapat menjadikan ketaatan ibadah jama‟ah menjadikan hati tentram dan merasa lebih dekat dengan Allah karena selalu memuja Allah dan utusan beliau juga manusia-manusia pilihan Allah SWT, tentunya dengan suasana jiwa yang khusyu‟.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Nahdhatul Ulama; Lailatul ijtima
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:44
Last Modified: 23 May 2021 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10850

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics