Strategi dakwah Kiai Amin Zaini dalam mempertahankan dan mensyisarkan agama Islam : studi kasus di Desa Kunden Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan

Niza', Lina Zumrotun (2019) Strategi dakwah Kiai Amin Zaini dalam mempertahankan dan mensyisarkan agama Islam : studi kasus di Desa Kunden Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501036024.pdf]
Preview
Text
1501036024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui strategi dakwah Kiai Amin Zaini dalam mempertahankan dan mensyiarkan agama Islam (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah Kiai Amin Zaini di desa Kunden kecamatan Wirosari kabupaten Grobogan.

Kiai Amin Zaini adalah salah seorang Kiai yang membawa perubahan besar terhadap masyarakat di desa Kunden kecamatan Wirosari kabupaten Grobogan. Beliau terkenal dengan kepiawaiannya dalam berorganisasi dan kedermawanannya yang telah banyak membantu baik pembangunan dan bantuan-bantuan terhadap masyarakat di sekitarnya.

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi; wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data dalam penelitian ini yaitu dimulai dengan menelaah seluruh data dari wawancara,observasi, dan dokumentasi. Setelah dibaca dan ditelaah, langkah berikutnya
mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan jalan melakukan abstraksi. Abstraksi merupakan usaha membuat rangkuman yang inti. Langkah selanjutnya adalah menyusunnya
dalam satuan-satuan yang kemudian dikategorisasikan sambil menbuat koding. Tahap akhir dari analisis data ini mengadakan pemerikasaan keabsahan data. Setelah selesai, mulailah tahap penafsiran data dalam mengolah hasil sementara menjadi teori substantif dengan menggunakan beberapa metode tertentu.

Temuan-temuan dalam penelitian ini meliputi; bahwa strategi dakwah yang digunakan Amin Zaini di desa Kunden adalah strategi dakwah sentimentil, yaitu dengan cara:
a) membentuk jamaah tahlil, b) mendirikan taman pendidikan Al-Qur’an, c) dan mendirikan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini berbasis islami, d) penanggulangan proses kristenisasi.

Faktor pendukung dari strategi ini adalah Keluarga yang selalu mendukung apa saja yang dilakukan oleh Amin Zaini, Kecerdasan dan keluasan ilmu Amin Zaini baik ilmu agama
Islam maupun ilmu umum, serta kepiawaian Amin Zaini dalam berorganisasi dan kecakapan beliau dalam berinteraksi dan komunikasi dengan masyarakat. Faktor penghambat dari
strategi ini adalah Kurangnya partisipasi masyarakat terhadap program yang telah dibentuk oleh Amin Zaini, Kurangnya jaringan komunikasi dan kerja sama terhadap banyak pihak guna meningkatkan kualitas strategi dan implementasi dakwah yang mampu menyesuaikan situasi dan kondisi obyek dan lingkungan dakwah serta dapat memberikan solusi terhadap
permasalahan-permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:50
Last Modified: 23 May 2021 05:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics