Manajemen Dakwah Mujahadah Selapanan Ahad Pon di Pondok Pesantren Wasilatul Huda Gemuh Kabupaten Kendal

Asyhari, Latif (2019) Manajemen Dakwah Mujahadah Selapanan Ahad Pon di Pondok Pesantren Wasilatul Huda Gemuh Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
1501036050.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap Manajemen Mujahadah Selapanan Ahad Pon di Pondok Pesantren Wasilatul Huda Gemuh kabupaten Kendal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah Untuk mengetahui gambaran terhadap penerapan manajemen dakwah dalam mujahadah Selapanan Ahad Pon di Pondok Pesantren Wasilatul Huda Gemuh kabupaten Kendal yang didalamnya menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling. Sehingga di setiap pelaksanaannya berjalan dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut metode yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan penelitian di tempat. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan atau perspektif manajemen dakwah, sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: metode observasi, metode interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan untuk proses analisa data. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, penggunaan analisa ini dengan mengumpulkan data-data kemudian diolah secara komprehensif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mujahadah Selapanan Ahad Pon di pondok pesantren Wasilatul Huda Gemuh kabupaten Kendal merupakan suatu bentuk kegiatan dakwah yang di dalam prosesnya memanfaatkan manajemen dakwah dengan penerapan fungsi-fungsi manajemen berupa planning, organizing, actuating dan controlling. Dalam melaksanakannya terlebih dahulu diadakan rapat guna mempersiapkan dan menentukan segala hal yang dibutuhkan saat pelaksanaan. Mentukan pelaksana dan fasilitas-fasilitas dalam pelaksanaan mujahadah. Pengorganisasian yang dilakukan dengan cara menyesuaikan pelaksana dengan keahlian bidang masing-masing. pelaksana yang terbentuk telah bertugas sesuai tugasnya masing-masing dengan arahan dari KH. M. Adib Anas Noor. Pemberian motivasi yang dilakukan dalam pelaksanaan acara mujahadah Selapanan Ahad Pon dapat mamacu pelaksana untuk saling bekerjasama serta bekerja secara maksimal dalam mengimplementasikan hal-hal yang sudah direncanakan. Fungsi terakhir yaitu adanya pengendalian/pengawasan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung sehingga dapat menghasilkan hasil yang baik. fungsi manajemen dakwah tersebut diterapkan dalam rangka untuk mempermudah pelaksanaan mujahadah dan pelayanan bagi jama’ah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAnasom, Anasom2025126603
UNSPECIFIEDMalik, Hatta Abdul2011038001
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Dakwah, Mujahadah; Pondok pesantren Wasilatul Huda; Dakwah Islam; Islam-Penyiaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 09:57
Last Modified: 06 Mar 2020 09:57
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item View Item