Actuating Program Kerja Muslimat NU Anak Cabang Kendal

Fidayani, Riski (2019) Actuating Program Kerja Muslimat NU Anak Cabang Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501036147.pdf]
Preview
Text
1501036147.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Riski Fidayani (1501036147) dengan judul “Actuating Program Kerja Muslimat NU Anak Cabang Kendal”. Program kerja Muslimat NU Anak Cabang Kendal itu sangat membutuhkan penggerakan, karena penggerakan merupakan unsur yang sangat penting di dalam actuating, dan di dalam dakwah kegiatan penggerakan itu langsung berhubungan dengan unsur manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana actuating program kerja Muslimat NU Anak Cabang Kendal serta apa saja faktor pendukung dan penghambat actuating program kerja Muslimat NU Anak Cabang Kendal. Adapun jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan datanya yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Muslimat NU Anak Cabang Kendal telah melaksanakan seluruh program kerjanya dengan baik sesuai dengan perencanaan yang diharapkan sebelumnya dan sudah sesuai dengan ketentuan tugas dalam AD/ART. Dalam hal ini prosesnya yaitu sebelum pelaksanaan kegiatan pengurus membuat jadwal terlebih dahulu agar tidak bertabrakan dengan kegiatan yang lain. Proses selanjutnya dilakukan penguatan terlebih dahulu, dengan bentuk penguatan yang berupa kesiapan dari kepanitiaan, anggaran, tempat pelaksanaan, dan petugas pengisi acara. penguatan ini yang bertujuan untuk bisa tercapainya suatu kegiatan yang baik, bermanfaat dan bisa sukses berjalan lancar, sukses dalam hal ini yaitu baik sukses dari persiapannya maupun sukses penyelenggaraannya. Kemudian proses selanjutnya yaitu dengan memberikan motivasi kerja kepada pengurus atau kepada bawahan, motivasi ini yang berupa pemberian dukungan dan semangat bahwa organisasi Muslimat NU Anak Cabang Kendal itu sangat penting dalam meningkatkan nilai keberagamaan agar mereka sebagai bawahan mau bekerja dengan ikhlas demi tercapainya tujuan tersebut.

Sedangkan faktor pendukung actuating program kerja yang ada di Muslimat NU Anak Cabang Kendal adalah dengan memberikan semangat atau suport anggota yang tinggi dari atasan pada bawahan, suport yang diberikan berupa dukungan agar saling memupuk kebersamaan antar satu dengan yang lainnya. Dengan diberikannya suport ini yang bertujuan untuk bisa mendorong semangat juang yang tinggi demi mempermudah dalam kesuksesan. Suport dari masyarakat umum yang menjadi anggota aktif dalam kegiatan Muslimat NU Anak Cabang Kendal juga menjadi faktor pendukungnya bahwa kegiatan Muslimat NU Anak Cabang Kendal itu merupakan kegiatan mandiri atau suwadaya yang memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa mengharap keuntungan dari kegiatannya tersebut. Adapun yang menjadi faktor penghambatnya adalah masalah keterbatasan penunjangan kegiatan dalam hal ini adalah dana dan sarana pra-sarana, jadi semuanya masih menggunakan fasilitas umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Islam--Organisasi; Nahdlatul Ulama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 10:01
Last Modified: 23 May 2021 04:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10857

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics