Efektivitas Metode Small Group Discussion dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit Peserta Didik Kelas IV Semester 2 di MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Ajaran 2011/2012

Febriyanti, Diah Nurul (2012) Efektivitas Metode Small Group Discussion dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit Peserta Didik Kelas IV Semester 2 di MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911069_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911069_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911069_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911069_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911069_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911069_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911069_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode Small Group Discussion diartikan cara penyajian materi pelajaran, dimana siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematik untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Dengan demikian peserta didik dalam belajar dilatih untuk berfikir secara kritis dan mengeluarkan pendapatnya secara rasional dan objektif dalam pemecahan suatu masalah, karena metode Small Group Discussion mempunyai unsur-unsur yang membuatnya lebih baik dari pada metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode small Group Discssion dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi pokok perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit peserta didik kelas IV semester 2 Di MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 60 peserta didik. Kelas IV A sebagai kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Penelitian ini mengambil indikator efektifitas metode yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan hasil belajar ditinjau dari ranah kognitif. Dalam ranah kognitif data penelitian yang terkumpul digunakan analisis uji t-test. Berdasarkan hasil t-test, dihasilkan bahwa = 9,277 dan = 1,67 dengan taraf nyata 5% karena > maka data tersebut signifikan. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi: “metode small group discussion efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi pokok perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit peserta didik kelas IV MI Miftahul Huda Tayu Pati Tahun Ajaran 2011/2012” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Small Group Discussion; Pelajaran IPA; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:39
Last Modified: 19 Dec 2013 06:39
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item