Manajemen Kurikulum Ekstrakulikuler Rebana di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Kudus

Hakim, Luqmanul (2019) Manajemen Kurikulum Ekstrakulikuler Rebana di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123311024.pdf]
Preview
Text
123311024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen ekstrakulikuler
rebana di Madrasah Aliyah Qudsiyyah Kudus. Kajiannya
dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti tentang pengelolaan ekstrakulikuler rebana di sekolah tersebut yang sering meraih prestasi dan melahirkan pemain rebana handal disetiap tahunnya. Dalam hal ini, pengelolaan ekstrakulikuler sangat efektif sekolah ini terbilang fokus pembinaannya. Studi ini dibuat untuk menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana perencanaan program ekstrakulikuler rebana di MA Qudsiyyah Kudus.(2) Bagaimana pengelolaan ekstrakulikuler rebana di MA Qudsiyyah Kudus. (3) Bagaimana evaluasi program
ekstrakulikuler rebana di MA Qudsiyyah Kudus. Permasakahan
tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MA Qudsiyyah Kudus. Sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret implementasi pengelolaan kegiatan ekstrakulikuler rebana. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan,
seluruh pengelola ekstrakulikuler di MA Qudsiyyah Kudus
merencanakan tugasnya dengan baik, diantaranya memuat visi dan misi ekstrakulikuler rebana, tujuan program yang jelas, rencana kerja yang teratur, pembinaan yang baik. (2) Dalam pelaksanaan, MA Qudsiyyah Kudus memuat susunan organisasi, pembagian tugas, sarana dan prasarana, dan sumber dana, demikian itu telah diatur dengan baik. (3) Sedangkan evaluasi dilakukan melalui evaluasi kurikulum dan evaluasi murid. Evaluasi dilakukan satu semester sekali, evaluasi murid di setiap kali latihan.

Walapun pengelolaan program ekstrakulikuler rebana sudah
lumayan baik, namun harus tetap ada pembenahan agar lebih lagi, berikut saran yang dapat peneliti sampaikan kepada MA Qudsiyyah Kudus: (1) Untuk mendisiplinkan waktu pelaksanaan kegiatan pembinaan. (2) Pembenahan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana maupun fasilitas yang lain, agar proses pembinaan ekstrakulikuler rebana tidak terhambat. (3) Meningkatkan komitmen pengelola dan meningkatkan kedisiplinan seluruh komponen yang terlibat di dalam pembinaan ekstrakulikuler rebana. (4) Memanfaatkan seluruh sarana dan prasarana secara optimal agar program latihan
berjalan maksimal. 5) Mempertahankan, menjaga keteraturan, bahkan meningkatkan pengelolaan yang sudah baik.
ekstrakulikuler rebana, guna peningkatan mutu dan kualitas

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Ekstrakulikuler; Rebana; Kurikulum; Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 06 Mar 2020 10:16
Last Modified: 06 Mar 2020 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics