Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading And Composition) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada Soal Cerita Kelas IV Semester II Di MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012

Yulianti, Ida (2012) Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading And Composition) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada Soal Cerita Kelas IV Semester II Di MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911072_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911072_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911072_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911072_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911072_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911072_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911072_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (12kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penggunaan model pembelajaran ini di MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika yang dicapai peserta didik. Dengan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) ini peserta didik dapat belajar bersama, saling membantu, mengintegrasikan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah mereka miliki, menemukan pemahamannya sendiri lewat eksplorasi dalam diskusi, saling merevisi, menjelaskan dan mempertanyakan gagasan-gagasan yang muncul dalam kelompoknya sehingga model ini sangat tepat untuk menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap hasil belajar matematika materi pecahan pada soal cerita di kelas IV MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik di kelas IV MI Masalikil Huda 1 Tahunan Jepara tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 58 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. yang terpilih menjadi kelompok pertama sebagai eksperimen yaitu kelas IV A yang berjumlah 28 dan kelompok kedua sebagai kontrol yaitu kelas IV B yang berjumlah 30. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi , metode wawancara dan metode tes. Hasil penelitian setelah dianalisis sebagai berikut: Kelompok eksperimen dan kontrol memiliki rata-rata hasil belajar berturut-turut adalah 73,86 dan 64,30. Hasil analisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan diperoleh = 3,136 dan pada α = 5 % diperoleh 1,67. Oleh karena > , maka H ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dengan hasil pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional berbeda secara nyata.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok pecahan peserta didik kelas IV MI Masalikil Huda 1 kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC); Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:42
Last Modified: 19 Dec 2013 06:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item