Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Agama dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Beribadah Siswa Madarasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendal

Choiroh, Itsna Muthi'atul (2019) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pendidikan Agama dan Keteladanan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Beribadah Siswa Madarasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016014.pdf]
Preview
Text
1503016014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: 1.
Adakah pengaruh persepsi siswa tentang pendidikan agama terhadap kedisiplinan beribadah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendal?, 2. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang keteladanan orang tua terhadap kedisiplinan beribadah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendal?, 3. Adakah pengaruh persepsi siswa tentang pendidikan agama dan keteladanan orang tua terhadap kedisiplinan beribadah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendal?

Penelitian ini merupakan penelitian survei. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen. Teknik analisis regresi berganda ini digunakan untuk menentukan pengaruh persepsi siswa tentang pendidikan agama dan keteladanan orang tua terhadap kedisiplinan beribadah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2
Kendal. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling dengan responden 88 siswa dari jumlah populasi 738 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan analisis regresi berganda.
Penelitian ini menunjukkan bahwa uji koefisien variabel
pendidikan agama (X1) adalah 0,4268 yang artinya terdapat pengaruh yang positif antara pendidikan agama (X1) terhadap kedisiplinan beribadah (Y) atau signifikan, uji koefisien variabel keteladanan orang tua (X2) adalah 0,2870 yang artinya terdapat pengaruh positif antara keteladanan orang tua (X2) terhadap kedisiplinan beribadah (Y) atau
signifikan, dan uji konstanta adalah 68,6996. Artinya koefisien variabel pendidikan agama (X1) dan keteladanan orang tua (X2)terhadap kedisiplinan beribadah (Y) adalah signifikan, dibuktikan dengan persamaan regresi ̂ 68,69662+0,4268 +0,2870 , dan koefisien korelasi sebesar 0,4402 berada pada kategori (sedang). Adapun sumbangan yang diberikan variabel pendidikan agama (X1) dan keteladanan orang tua (X2) terhadap kedisiplinan beribadah (Y)
sebesar 19,379%. Kemudian dari hasil perhitungan menggunakan
rumus regresi dua prediktor yang dikonsultasikan dengan F tabel, hasil = 10,2158. Selanjutnya dikonsultasikan dengan dengan F tabel N= 88 =85 pada taraf 5% adalah sebesar 3,10 dengan demikian = 10,2158 F tabel> 3,10 artinya signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pendidikan agama dan keteladanan orang tua mempengaruhi kedisiplinan beribadah siswaMadrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; keteladanan; kedisiplinan; Disiplin Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:47
Last Modified: 09 Mar 2020 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics