Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang

Masa, Saleeha (2019) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1703016158.pdf]
Preview
Text
1703016158.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang,Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Semarang, dengan pokok masalah (1) Bagaimana Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang, (2) Bagaimana pendukung dan hambatan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan mengambil data data belakang di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang, pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Supyek penelitian adalah yang menjadi subjek dan sekaligus sumber informasi adalah kepala sekolah dasar Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang, guru pendidikan agama Islam dan peserta didik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peran yang telah dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Ngaliyan 05 Kota Semarang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, diantaranya 1) Menggunakan metode mengajar yang bervariasi. 2) Menggunakan media 3) Memberi nilai 4) Memberi ulangan. Hasil peran guru pendidikan agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri Ngaloyan 05 Kota Semarang adalah cukup, walaupun dalam pelaksanaannya masih ada hambatan-hambatan tetapi akhirnya bisa melaksanakan aktivitas itu dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Guru Pendidikan Agama Islam; Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa; Motivasi dalam pendidikan; Motivasi (Psikologi); Pendidik; Guru; Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 09 Mar 2020 08:02
Last Modified: 09 Mar 2020 08:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics