Hubungan antara Hasil Belajar Model Pendidikan Agama Islam dan Baca Tulis al-Qur’an dengan Akhlak Siswa di SD Negeri Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan

Yamin, Sohibul (2010) Hubungan antara Hasil Belajar Model Pendidikan Agama Islam dan Baca Tulis al-Qur’an dengan Akhlak Siswa di SD Negeri Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
Yamin_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yamin_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yamin_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yamin_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yamin_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan: (1) hasil pembelajaran model PAI (X1) dengan akhlak siswa (Y); (2) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) (X2) dengan akhlak siswa (Y); (3) Pembelajaran model PAI (X1) Baca Tulis Al-Qur‟an (BTQ) (X2) secara bersama-sama dengan akhlak siswa SD Negeri Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. Riset ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subyek penelitian siswa se- Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan sebanyak 259 orang, menggunakan tehnik acak sederhana (simple random sampling). Sedangkang pengumpulan data menggunakan instrument kuesioner untuk menjaring data variable X1, X2 dan Y. Analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial, serta analisis kuantitatif dengan rumus analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: (1) hasil pembelajaran model PAI termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata 88,57 dari jumlah nilai 22940 dibagi jumlah responden 259, dari skor masimum 100 dan skor minimum 20 dan standar deviasi 88-100. Dari variasi data tersebut, ditunjukkan bahwa 259 responden dengan rata-rata 88,57 masuk pada interval 88-100 dengan kategori sangat tinggi. (2) hasil pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an termasuk kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata 88,91 dari jumlah nilai 23028 dibagi jumlah responden 259, dari skor masimum 100 dan skor minimum 20 dan standar deviasi 88-100. Dari variasi data tersbut, ditunjukkan bahwa 259 responden dengan rata-rata 88,91 masuk pada interval 88-100 dengan kategori sangat tinggi. (3) akhlak siswa juga termasuk kategori sangat tinggi sehingga ada hubungan positif. Hal ini ditunjukkan skor rata-rata 89,30 dari jumlah nilai 23131 dibagi jumlah responden 259, dari skor masimum 100 dan skor minimum 20 dan standar deviasi 88-100. Dari variasi data tersebut ditunjukkan bahwa 259 responden dengan rata-rata 89,30 masuk pada interval 88-100 dengan kategori sangat tinggi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan yang signifikan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf 5 % untuk responden berjumlah n= 259 nilai r pada tabel adalah r tabel = 149,00, sedang dilai r hitung adalah ro = 316,00 ini berarti bahwa ro ˃ r tabel. Dengan demikian pada taraf signifikan 5 % hasilnya adalah signifikan, yang berrti ada korelasi atau hubungan yang positif antara variabel pembelajaran Model PAI dengan akhlak siswa. Pada taraf 1 % untuk responden 259 nilai r tabel =182 sedang nilai r hitung adalah ro = 316,00. Ini berarti bahwa ro ˃ r tabel . Taraf signifikan 1 % hasilnya adalah signifikan yang berarti ada hubungan yang positif.(2) terdapat hubungan yang signifikan, ditunjukkan oleh koefisien korelasi pada taraf 5 % untuk responden berjumlah n= 259 nilai r pada tabel adalah r tabel = 149,00, sedang nilai r hitung adalah ro = 316,00 ini berarti bahwa ro ˃ r tabel. Dengan demikian pada taraf signifikan 5 % hasilnya adalah signifikan, yang berrti ada korelasi atau hubungan yang positif antara variabel pembelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an dengan akhlak siswa. Pada taraf 1 % untuk responden 259 nilai r tabel =182 sedang nilai r hitung adalah ro = 316,00. Ini berarti bahwa ro ˃ r tabel . Taraf signifikan 1 % hasilnya adalah signifikan yang berarti ada hubungan yang positif. (3) terdapat hubungan pisitif secara bersama-sama antara hasil belajar model PAI dan BTQ dengan akhlak siswa, ditunjukkan oleh koefisien korelasi baik taraf 5 % r tabel = 149,00 r hitung =360,00 maupun taraf 1 % r tabel = 182,00 r hitung = 360,00 dan koefisien determinasi (r)2 (316)2 .100 % = 99 % perhitungan nilai determinasi tersebut dapat diketahui bahwa variabel dengan akhlak siswa sebesar 99 %. Sedang sisa sebesar 1 % di pengaruhi oleh faktor lain. Maka, hipotesis yang berbunyi ada korelasi yang signifikan antara pembelajaran model PAI, BTQ dengan akhlak siswa SD Negeri Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan terbukti dan diterima kebenarannya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Baca Tulis al-Qur'an; Akhlak Siswa; Islamic Religious Education; Student Moral
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Oct 2013 04:32
Last Modified: 01 Oct 2013 04:32
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/109

Actions (login required)

View Item View Item