Pengaruh Penggunaan Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Kelas V Semester 1 di MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal

Maulidatun, Siti (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Kelas V Semester 1 di MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911086_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911086_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911086_Bab2.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911086_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911086_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911086_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911086_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh penggunaan metode Gallery Walk terhadap hasil belajar matapelajaran IPS materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Berdasarkan penuturan salah satu guru IPS di MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal menyatakan bahwa dalam materi pokok Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini terjadi karena peserta didik belum mampu menyebutkan dan menjelaskan suku-suku dan budaya apa saja yang ada di Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesulitan peserta didik dalam materi pokok suku bangsa dan budaya di Indonesia adalah dengan penggunaan metode Gallery Walk dalam pembelajaran. Penelitian ini mengimplementasikan penggunaan metode Gallery Walk pada materi pokok Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan metode Gallery Walk mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran IPS materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V semester 1 di MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Gallery Walk terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi pokok keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V semester 1 di MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal tahun pelajaran 2011/2012 yang terbagi dalam 2 kelas sebanyak 62 peserta didik. Kelas V A sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran, kedua kelas diberi tes pilihan ganda dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya di kelas VI sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan. Berdasarkan perhitungan hasil penelitian diperoleh nilai sedangkan . Karena maka ditolak dan H diterima Artinya rata-rata hasil belajar IPS dengan penggunaan metode Gallery Walk lebih baik dari rata-rata hasil belajar IPS dengan pembelajaran ceramah. Nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 74,33. Nilai tersebut lebih besar dari pada nilai sebelumnya sebesar 65,37. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari nilai sebelum eksperimen, dimana nilai tersebut juga lebih besar daripada kelas kontrol, sehingga dapat dikatakan penggunaan metode Gallery Walk berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di MI Negeri Kalibuntu Wetan Kendal dan disarankan guru dapat mengembangkan penggunaan metode Gallery Walk dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya yang dirasa tepat menggunakan metode Gallery Walk

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Gallery Walk; Hasil Belajar; Pelajaran IPS; Model Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:54
Last Modified: 19 Dec 2013 06:54
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item View Item