Pengembangan booklet keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera di kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal

Nafsiyah, Fitrotun (0020) Pengembangan booklet keanekaragaman Lepidoptera Subordo Rhopalocera di kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar Biologi khususnya materi keanekaragaman hayati di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal masih terbatas sehingga berpengaruh pada pemahaman peserta didik terhadap materi keanekaragaman hayati. Sekolah ini memiliki jarak yang dekat dengan kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal yang memiliki potensi keanekaragaman jenis Lepidoptera (Rhopalocera:Kupu-kupu), akan tetapi belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan jenis Lepidoptera Subordo Rhopalocera yang ada di kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal dan menjelaskan kelayakan booklet tentang Keanekaragaman Rhopalocera di kawasan Cagar Alam Pagerwunung sebagai sumber belajar Biologi kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 10 Langkah Borg & Gall, namun dimodifikasi hanya sampai tahap uji coba produk skala kecil. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MA NU 03 Sunan Katong yang berjumlah 18 siswa. Jenis hewan Rhopalocera yang ditemukan di kawasan Cagar Alam Pagerwunung berjumlah 29 spesies yang terbagi atas 4 famili yaitu Nymphalidae berjumlah 15 spesies, Papilionidae 6 spesies, Pieridae 6 spesies, dan Lycaenidae 2 spesies. Uji kelayakan oleh ahli materi termasuk dalam ketegori sangat layak dengan persentase rata-rata yaitu sebesar 92%, penilaian dari ahli media termasuk dalam kategori layak dengan persentase rata-rata sebesar 74,54%, penilaian oleh guru biologi persentase rata-rata yaitu sebanyak 91,30%, serta penilaian dari peserta didik memperoleh persentase rata-rata sebanyak 84,6% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan persentase tersebut, booklet dapat dikatakan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSetyawati, Siti MukhlishohNIDN2017117601
Thesis advisorHariz, Anif RizqiantiNIDN2022019101
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar; Biologi; Keanekaragaman hayati; Rhopalocera; Media pembelajaran; Booklet
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:08
Last Modified: 11 Mar 2020 01:08
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item