Implementasi metode ilham dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an di MAN 2 Cirebon

Zahra, Nabila Salwa (2019) Implementasi metode ilham dalam pembelajaran tahfiz Al-Qur'an di MAN 2 Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FIK.pdf]
Preview
Text
FIK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan kegiatan yang terkesan sulit.
Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan monoton dan hanya mengaktifkan otak kiri. Salah satu metode yang belum lama ditemukan untuk mengatasi kesulitan dalam menghafal al-Qur’an adalah metode ILHAM. Keberadaan metode ILHAM menjadi solusi bagi sekolah yang memiliki program Tahfiz Al-Qur’an seperti MAN 2 Cirebon. Metode ILHAM mengaktifkan belahan otak kiri dan kanan sekaligus sehingga bisa diterapkan kepada para penghafal al-Qur’an dengan semua tipe belajar.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Pendekatan penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif . Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi metode ILHAM dalam pembelajaran tahfiz di MAN 2 Cirebon adalah sebagai berikut: muraja’ah, setor hafalan dan input hafalan menggunakan metode ILHAM dengan mengaktifkan kecerdasan matematik, musikal, kinestetik, interpersonal, dan intrapersonal 2) Kendala yang dihadapi oleh pembimbing adalah kemampuan menghafal al-Qur’an siswa tidak sama. Solusi yang dilakukan adalah pembimbing harus menaruh perhatian lebih kepada siswa yang memiliki keterlambatan dalam proses menghafal al-Qur’an dengan mengecek buku rapor hafalan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: mETODE PEMBELAJARAN; Tahfiz Al-Qur’an; Metode ILHAM; Madrasah Aliyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:32
Last Modified: 19 Mar 2020 08:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10940

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics