Perkembangan sistem pendidikan Pondok Pesantren Apik Kaliwungu Kendal

Setiawan, Sigit (2019) Perkembangan sistem pendidikan Pondok Pesantren Apik Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULLL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULLL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berbicara mengenai pondok pesantren tidak bisa terlepas dari
pendidikan agama yang ditekankan di dalamnya. Dalam mendidik para santrinya, pondok pesantren memerlukan usaha keras mengingat dewasa ini banyak anak-anak hingga orang dewasa yang sudah tidak tertarik dengan dunia pesantren. Banyak pondok pesantren yang runtuh karena perkembangan jaman tidak diimbangi dengan inovasi-inovasi dalam dunia pesantren khususnya dalam sistem pendidikannya. Pondok pesantren yang memiliki sistem pendidikan yang terus berubah ke arah
lebih baik akan diimbangi pula dengan prestasi pendidikan yang baik dan mampu untuk memberikan persepsi positif dalam kehidupan masyarakat.

Penelitian ini mengambil fokus masalah: 1) Bagaimana
perkembangan sistem pendidikan Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal. Dengan demikian penelitian akan terfokus pada sistem yang digunakan dalam pondok pesantren APIK dengan terarah paa fokus penelitian.
Pondok pesantren APIK adalah salah satu pondok pesantren
besar yang berada di kecamatan Kaliwungu. Pondok pesantren yang telah berdiri selama 1 abad ini telah mengalami perkembangan pendidikan yang sangat baik sehingga hingga sekarang tetap eksis dengan ribuan santrinya. Diantara perkembangan tersebut adalah adanya sistem pondok
pesantren salaf, adanya sistem madrasah, ada pula sistem pendidikan formal yang digunakan sebagai salag satu fasilitas bagi santri yang ingin mendapatkan ijazah pendidikan formal. dan yang paling terbaru adalah
sistem Pendidikan Diniyah Formal yang merupakan perpaduan madrasah dengan sekolah formal yang telah dirancang oleh kementrian agama. Dengan artian bahwa lulusan pondok pesantren APIK dapat bersaing dengan sekolah formal pada umumnya.

Kekhawatiran masyarakat luas pada umumnya tentang
lulusan pesantren sulit untuk bersaing di era globalisasi sekarang ini dapat dijawab di pondok pesantren APIK. Dengan bukti bahwa lulusan pondok pesantren APIK dapat besaing dengan lulusan sekolah formal sehingga sampai sekarang ini pondok pesantren APIK tetap berdiri kokoh untuk mendidik masyarakat muslim ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem pendidikan; Pondok pesantren; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:20
Last Modified: 16 Mar 2020 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics