Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan rohani Islam terhadap penurunan tingkat stress pasien rawat inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Hadlirin Jepara

Berlianawati, Hanis (2019) Pengaruh intensitas mengikuti bimbingan rohani Islam terhadap penurunan tingkat stress pasien rawat inap Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Hadlirin Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hanis Berlianawati (1501016015) Penelitian ini berjudul Pengaruh Intensitas Mengikuti Bimbingan Rohani Islam terhadap Penurunan Tingkat Stress Pasien Rwat Inap RSI Sultan Hadlirin Jepara: Program Strata 1 Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Dakwah dan Komuniakasi UIN Walisongo Semarang, 2019.

Pentingnya bimbingan rohani Islam dalam kesehatan telah menjadi ketetapan WHO (World Health Organization) yang menyatakan aspek agama merupakan salah satu unsur dari pengertian kesehatan seutuhnya, penelitian ini memiliki keunikan tentang memberikan motivasi dan memberikan doa, selain itu bimbingan rohani di RSI Sultan Hadlirin Jepara memiliki fokus bimbingan shalat yang terdata dalam aplikasi Ashal (Ayo Shalat) dan menciptakan penyembuhan dengan konsep holistik. Stres dialami oleh sebagian besar manusia, salah satunya yang sedang mengalami sakit stres yang dialami sebagian pasien berawal dari perubahan psikis yang agak serius setelah mengetahui hasil pemeriksaan medis, kondisi ini cenderung membuat pasien mengalami kegelisahan yang tinggi,kecemasan setiap saat dan ketidakmampuan kenyataan hidup akibat penyakit yang diderita.

Fokus kajian ini untuk menguji secara empiris tentang
PengaruhIntensitas Mengikuti Bimbingan Rohani Islam terhadap Penurunan Tingkat Stres Pasien Rawat Inap RSI Sultan Hadlirin Jepara. Dua variabel dari penelitian ini adalah Intensitas Layanan Bimbingan Rohani Islam dan Penurunan tingkat Stress. Intensitas Mengikuti Bimbingan Rohani Islam difokuskan pada lima aspek yaitu: Motivasi, Jumlah keseringan mengikuti (Frekuensi), Kesan setelah mendapatkan Intensitas Mengikuti bimbingan rohani Islam (Efek), Arah Sikap, dan Minat. Kemudian Penurunan tingkat stress memiliki tiga aspek yaitu: Aspek Fisiologis, Aspek Psikologis, dan Aspek Perilaku Stres.

Penelitian ini mengunakan metode kuanitatif karena berupa data-data numerik dan pengolahan datanya dengan menggunakan statistik. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana karena hanya memiliki dua variabel. Regresi linier sederhana digunakan untuk mengambil kesimpulan untuk mengetahui adakah pengaruh dalam variabel intensitas mengikuti bimbingan rohani Islam dan Penurunan tingkat stres dan berupaya untuk mengujimhipotesis penelitian. Subjek penelitian sebanyak 50 responden,pengumpulan datanya menggunakan skala likert, data yang diper oleh dari skala yang disebar pada responden secara random sampling.

Hasil analisis data mengenai Pengaruh Intensitas Mengikuti Bimbingan Rohani Islam terhadap Penurunan Tingkat Stres Pasien Rawat Inap RSI Sultan Hadlirin Jepara menunjukkan koefisien pengaruh F hitung menunjukkan nilai sebesar 31,894 degan signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan F hitung tersebut lebih kecil dari 0,05, dengan demikian “ada pengaruh antara intensitas mengikuti bimbingan rohani Islam pada penurunan tingkat stres pasien rawat inap RSI
Sultan Hadlirin Jepara”. Berdasarkan hasil perhitungan dalam analisis regresi sederhana diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,399, menyatakan bahwa 39,9% penurunan tingkat stres di RSI Sultan Hadlirin Jepara dipengaruhi oleh intensitas mengikuti bimbingan rohani Islam sedangkan sisanya 60,1% dipengaruhi oleh kesalahan-kesalahan lain (faktor internal dan faktor eksternal).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan rohani Islam; Penurunan tingkat stress; Pasien rawat inap
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:58
Last Modified: 22 May 2021 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10951

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics