Metode dakwah pada masyarakat Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes

Rachmawati, Ira (2019) Metode dakwah pada masyarakat Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi full.pdf]
Preview
Text
skripsi full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ira Rachmawati, 1501016055, Metode Dakwah pada Masyarakat Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes,Kampung Budaya Jalawastu yang tentunya memiliki latar belakang yang sangat berbeda dengan kampung-kampung yang lainnya karena faktor dari kepercayaan yang dianut oleh nenek moyangnya. Namun, mengenai keagamaan masyarakat kampung budaya Jalawastu dinilai cukup rendah, hal ini dipengaruhi oleh kepercayaan-kepercayaan nenek moyangnya yang sudah mendarah daging yaitu menganut ajaran Sunda Wiwitan sebelumnya yang menjadikan masyarakat kampung budaya sulit menerima ajaran-ajaran baru atau dengan alasan mereka takut melanggar kepercayaan nenek moyangnya termasuk ajaran agama Islam menurut syariatnya, sehingga bagi para ilmuan dakwah, wujud kompleksitas budaya-budaya dan hubungan antar budaya merupakan garapan baru sekaligus tantangan mendesak yang akan berpengaruh, terutama dalam upaya mengubah metode pendekatan dan strategi dakwah dengan pendekatan-pendekatan yang lebih terbuka, fleksibel (luwes) dan dialogis.

Adapun rumusan masalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk tradisi masyarakat kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes? (2) Bagaimana metode dakwah yang dilakukan da’i di Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes?. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan objek penelitiannya adalah masyarakat Kampung Budaya Jalawastu Desa ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, selain itu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Peelitian ini memiliki hasil sebagai berikut: (1) Bentuk-bentuk tradisi masyarakat kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes yaitu upacara adat ngasa, heo-gelo, ngaguyang kuwu, tundan, tutulak, babarit, sedekah bumi, cako, tong-tong breng, serta perang centong. (2) Metode dakwah yang dilakukan da’i di Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes terdiri dari beberapa metode, di dalam lingkungan Kampung Budaya Jalawastu ada tiga kegiatan keagamaan, ketiga-tiganya menggunakan metode dakwah yang berbeda-beda, seperti: (a) Yasinan, dalam pengajian yasinan menggunakan metode ceramah, serta metode keteladanan. (b) Pengajian Tahunan, dalam pengajian tahunan ini da’i menggunakan beberapa metode yaitu metode hikmah, metode mauizhah hasanah, metode ceramah serta metode keteladanan. (3) TPA, dalam kegiatan TPA digunakan metode ceramah, metode tanya jawab dan juga metode keteladanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Kampung budaya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 16 Mar 2020 23:15
Last Modified: 16 Mar 2020 23:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics