Penyuluhan Islam untuk mencegah penularan HIV/AIDS di Kementrian Agama Kota Semarang

Lailla, Mut'iah Nur (2019) Penyuluhan Islam untuk mencegah penularan HIV/AIDS di Kementrian Agama Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULLS KRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses penyuluhan Islam dalam mencegah penularan HIV/AIDS yang diberikan kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyuluhan Islam dalam mencegah penularan HIV/AIDS di Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pencegahan penularan HIV/AIDS di Kementerian Agama Kota Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, waawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh secara langusung dari hasil wawanacara dengan Kepala Bimas Islam, Penyuluh Agama Islam (PAI), dan masyarakat (penerima manfaat). Adapun sumber data sekunder yaitu sumber data tidak langsung yang diperoleh dari buku-buku, literatur, dan bacaan terkait. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, berupa data reduction (reduksi data), data display (tampilan data), dan Conclusion (Kesimpulan). Hasil Penelitian ini adalah, pertama Proses pelaksanaan penyuluhan Islam ini diawali dengan pengamatan real lapangan, dilanjutkan dengan identifikasi lapangan, need assessment, pelaksanaan langsung dilapangan, dan evaluasi kegiatan. Target dari kegiatan ini adalah masyarakat diantaranya remaja dan orang tua. Kegiatan ini akan mampu mendominasi bahaya HIV/AIDS sebagai penyakit mematikan yang terus berkembang. Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan ini diharapkan agar mereka memperoleh informasi yang lebih komprehensif. Kedua, Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pencegahan HIV/AIDS di Kementerian Agama Kota Semarang. Faktor penghambat dalam pencegahan HIV/AIDS yang dilakukan PAI di Kementerian Agama Kota Semarang di pengaruhi oleh faktor internal dan juga ekternal, yakni: 1) Faktor internal, faktor ini dipengaruhi oleh keadaan sumber daya manusia (SDM) dimana hal ini menjadi penghambat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh program dari Kementerian Agama Kota Semarang dalam pencegahan HIV/AIDS, 2) Faktor eksternal, adapun kendala faktor eksternal dilihat dari aspek waktu. Selanjutnya, faktor pendukung dalam pencegahan HIV/AIDS yang dilakukan PAI di Kementerian Agama Kota Semarang adalah 1) Keikhlasan dan semangat dari seorang penyuluh agama Islam dalam memberikan penyuluhan kepada penerima manfaat, 2) Keinginan penerima manfaat untuk mendapatkan informasi pentingnya mencegah HIV/AIDS, 3) Adanya sarana dan prasarana yang mendukung pelaksanaan penyuluhan, misalnya fasilitas yang dibutuhkan melalui media massa, media audio visual dansuratkabar, 4) Kerjasama dengan pihak lembaga lain yang terjalin dengan baik, 5) Antusiasme penyuluh, masyarakat dan elemen dan lembaga pemerintahan dan lembaga pendidikan dalam mendukung adanya kegiatan-kegiatan yang dilakukan penyuluh dalam mencegah penularan HIV/AIDS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSulistio, SulistioNIDN2002027001
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Islam; Penularan HIV/AIDS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 19 Mar 2020 08:35
Last Modified: 19 Mar 2020 08:35
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10967

Actions (login required)

View Item View Item