Upaya penegakan disiplin santri pondok pesantren Assalam Bangilan Tuban(perspektif bimbingan konseling islam)

Tho’iin, Rina (2019) Upaya penegakan disiplin santri pondok pesantren Assalam Bangilan Tuban(perspektif bimbingan konseling islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penegakan disiplin santri Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban. Skripsi ini di latar belakangi oleh santri yang tidak disiplin dalam lingkungan Pondok Pesantren banyak santri yang belum paham tentang kedisiplinan dan banyak santri yang masih melangara peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan di Pondok Pesantren tersebut. Santri yang melakukan berbagai pelanggaran tersebut salah satunya disebabkan oleh kekurang disiplinan di dalam dirinya.

Permasalahan dalam : 1). Bagaimana upaya penegakan disiplin
santri Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban ? 2). Bagaimana upaya penegakkan disiplin santri Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban dalam perspektif Bimbingan dan Konseling Islam?

Permasalahn tersebut dibahas melalui studi kasus yang
dilaksanakan di Pondok Pesantren Assalam dan dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran data-data dan informasi terkait dengan Upaya Penegakan Disiplin Santri Pondok Pesantren Assalam Bangilan Tuban Perspektif Bimbingan Koneling Islam.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis data dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.

Hasil penelitian Pertama upaya penegakan disiplin santri yaitu upaya yang dilakukan dengan memberikan tata tertib, nasehat, memisahkan pondok pesantren antara putra dan putri di desa yang berbeda dan memberikan hukuman kepada santri hukumanya berupa hukuman ringan sedang dan berat. Hal tersebut dilakukan karena kurang adanya kesadaran dalam diri santri. Kedua upaya penegakan disiplin santri perspektif bimbingan dan konseling Islam yaitu tujuannya pertama untuk membantu santri agar dapat terhindar dari masalah, kedua membantu santri agar dapat merubah perilakunya. Hal tersebut dikarenakan banyak santri yang memiliki masalah didalam pondok pesantren dan banyak santri yang berperilaku tidak disiplin. Fungsinya adalah pencegahan atau fungsi preventif melalui fungsi ini, pengurus atau guru bimbingan dan konseling memberikan bimbingan konseling kepada santri tentang cara mentaati peraturan dan mencegah agar dirinya
tidak melakukan kesalahan yang merugikan dirinya sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya; Penegakan Disiplin Santri; Konseling Islam; Pondok Pesantren; Santri; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 31 Mar 2020 03:39
Last Modified: 22 May 2021 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics