Materi tafakur dalam program acara My Trip My Adventure di Trans TV "Ujung Kulon, Surga di Ujung Jawa"

Wicaksono, Rifai Ady (2019) Materi tafakur dalam program acara My Trip My Adventure di Trans TV "Ujung Kulon, Surga di Ujung Jawa". Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tafakur memiliki peranan yang sangat penting dalam menambah
keimanan dan ketakwaan manusia terhadap Allah dengan ditujukannya berbagai realitas alam untuk dipikirkan dan direnungkan. Tafakur selalu diartikan sebagai menggerakkan pikiran secara luas, dalam, dan sistematis. Dengan kemampuan berpikir yang dimiliki manusia, telah menghantarkannya kepada derajat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk Allah yang lainnya My Trip My Adventure hadir sebagai program acara televisi bergenre dokumenter wisata yang ditayangkan oleh Trans TV, yang menggambarkan petualangan dan eksplorasi keindahan alam Indonesia.

Penelitian ini yakni untuk mengetahui materi tafakur dengan
menganalisis program acara My Trip My Adventure “Ujung Kulon, Surga di Ujung Jawa” Trans TV, dengan begitu televisi memiliki relevansi dengan dakwah yang cenderung kebanyakan dimaknai hanya lewat syiar lisan di atas mimbar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi deskriptif. Hasil yang didapat dalam penelitian ini berkaitan dengan materi akan tafakur dalam program acara My Trip My Adventure di Trans TV “Ujung Kulon, Surga Di Ujung Jawa” dapat diperoleh bentuk penggambaran yang mengajak untuk tafakur akan alam ciptaan Allah SWT dengan cara menjaga dan mencintai sesama makhluk-Nya, menyadari dan merenungi atas keindahan flora dan fauna nya. Serta mengajak tafakur atas sebuah kekuasaan kealamannya dan dari proses tafakur tersebut dapat melahirkan pengenalan, kecintaan hamba kepada-Nya yang terdapat dalam scene-scene program acara My Trip My Adventure di Trans TV “Ujung Kulon, Surga Di Ujung Jawa”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tafakur; Program televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 13:03
Last Modified: 07 Apr 2020 13:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics