Representasi sabar dalam film "Cinta Laki-Laki Biasa" : analisis tokoh Rafli

Khusni, Miftah (2019) Representasi sabar dalam film "Cinta Laki-Laki Biasa" : analisis tokoh Rafli. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media dakwah melalui seni dan budaya memiliki perkembangan
yang sangat signifikan dalam hal penerapan ideologi Islam. Adapun wujud dari seni dan budaya itu salah satunya diaplikasikan melalui media film. Film menjadi salah satu alternatif utama, mengingat media ini memiliki karakter yang begitu pas dalam memberikan influence bagi masyarakat umum. Masyarakat bahkan menjadikan film sebagai bagian dari konten media massa sebagai “guru” yang telah meyampaikan warisan sosial (nilai-nilai norma) dari seseorang ke orang lain atau
bahkan dari generasi ke generasi. Film yang diangkat dari sebuah novel karangan Asma Nadia, yang menceritakan tentang kisah seorang lelaki biasa yang di perankan oleh Deva Mahendra (Rafli). penelitian ini berjudul “Cinta Laki-Laki Biasa (Analisis Semiotik Tokoh Rafli)”.

Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk
mengumpulkan data yang diperlukan. Penulis akan menggali informasi dan meneliti Representasi Dakwah dalam film Cinta Laki-Laki Biasa. Penulis akan mengumpulkan adegan-adegan sabar dalam film tersebut, diteliti, dianalisa, dijelaskan dan dideskripsikan bagaimana adegan sabar yang ada pada film tersebut.

Penelitian ini ingin memahami secara mendalam representasi
sabar dalam film “Cinta Laki-Laki Biasa”. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi deskriptif-kualitatif. Subyek penelitianya adalah film “Cinta Laki-Laki Biasa”. Objek penelitianya adalah scene-scene sabar dalam film Cinta Laki-Laki Biasa melalui tokoh Rafli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotik Roland Barthes.

Hasil yang diperoleh peneliti berkaitan dengan sabar dalam film “Cinta Laki-Laki Biasa (Analisis Semiotik Tokoh Rafli)” peneliti menemukan tanda-tanda sabar melalui tokoh Rafli, yaitu : a) Sabar dalam ketaatan kepada Allah. b) Sabar terhadap perlakuan yang tidak baik dari orang lain. c) Sabar terhadap ujian dan cobaan dari Allah. d) Sabar menunggu janji Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sabar; Semiotik; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 13:06
Last Modified: 07 Apr 2020 13:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics