Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Puisi Sukmawati Dalam Republika Online Edisi 3-5 April 2018

Arwani, Muhammad (2019) Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Puisi Sukmawati Dalam Republika Online Edisi 3-5 April 2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana frame yang dibuat oleh surat kabar Republika Online dalam memberitakan kasus Puisi Sukmawati selama masa pemberitaan 3-5 April 2018. Untuk mengetahui frame apa yang ditampilkan untuk memberitakan kasus Puisi Sukmawati ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan analisis framing. Adapun model framing yang penulis gunakan adalah model Robert Entman yang mana untuk mengetahui frame suatu berita dapat dilihat melalui empat elemen framing yaitu: 1). Bagaimana realitas didefinisikan. 2). Siapa sumber masalahnya. 3). Klaim moral apa yang diberikan. 4). Tawaran rekomendasi apa yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Republika Online membingkai kasus Puisi Sukmawati dengan frame. Pada tanggal 3 April 2018 frame yang ditampilkan oleh Republika Online adalah frame hukum. Pada tanggal 3 semua pemberitaan terkait Puisi Sukmawati dibawa ke ranah hukum semua. Republika Online pun mencoba untuk memberi solusi penyelesaian ke ranah hukum. Pada tanggal 4 April 2018 frame yang ditampilkan oleh Republika Online berupa frame moral. Semua pemberitaan terkait Puisi Sukmawati dibawa oleh Republika Online ke dalam perkara moral yang dapat diselesaikan dengan kedamaian. Pada tanggal 5 frame yang dibangun oleh Republika Online adalah berupa frame moral yang terkait hukum. Semua pemberitaan pada tanggal ini dikaitkan dengan perkara moral yang dapat diselesaikan melalui jalur hukum ataupun damai. Semua penyelesaian diserahkan kepada yang melaporkan Sukmawati.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorSholihati, SitiNIDN2017106301
Uncontrolled Keywords: Media surat kabar online; Puisi Sukmawati, analisis Framing
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 23:55
Last Modified: 07 Apr 2020 23:55
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item