Materi Hijrah Pada Video Instagram Ustadz Hanan Attaki Dan Ustadz Evie Evvendie

Mulyani, Mulyani (2019) Materi Hijrah Pada Video Instagram Ustadz Hanan Attaki Dan Ustadz Evie Evvendie. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Materi hijrah dalam video
instagram ustadz Hanan attaki dan Ustadz Evie Effendie. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam bagaimana materi hijrah yang disampaikan Ustadz Hanan Attaki dan Ustadz Evie Effendi pada video tentang hijrah yang ada di Instagram. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan sumber data ditentukan secara purposive sampling dan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi.

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap video instagram ustadz hanan attaki dan ustadz evie effendie di Instagram, ditemukan bahwa video instagram ynang diunggah tentang materi hijrah, materi hijrah yang disampaikan sebagai petunjuk dan motivasi bagi orang-orang yang sudah memutuskan berhijrah dan juga mengajak orang berhijrah. Diantara tema yang disampaikan seperti; Taubat, sabar, birul walidain, hijrah dari pekerjaan, dan tentang kematian. Video di Instagram mencakup materi akidah, syariat, muamalah, dan akhlak, baik urusan duniawi dan urusan akhirat. Penggunaan instagram sebagai media dakwah terbukti efektif, hal itu terbukti dari banyaknya remaja ataupun orang tua yang tidak bisa menghadiri kajian secara langsung bisa belajar hijrah melalui video di instagram. Sehingga banyak bermunculan da’i yang memanfaatkan instagram sebagai media dakwah. Hal ini dipicu oleh banyaknya generasi milenial yang menggunakan dan menyukai instagram, juga kesadaran para da’i bahwa instagram merupakan media sosial yang mempunyai kekuatan luar biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Materi; Dakwah melalui Instagram;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 07 Apr 2020 23:59
Last Modified: 03 Jul 2021 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10991

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics