Kesadaran tabayyun mahasiswa UIN Walisongo Semarang terhadap informasi di media sosial

A’iniyah, Qurrotul (2019) Kesadaran tabayyun mahasiswa UIN Walisongo Semarang terhadap informasi di media sosial. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media sosial memberikan maupun menerima berbagai informasi baik benar atau hoax (bohong). Kesadaran dalam meneliti kebenaran informasi sangat diperlukan, kesadaran bertabayyun merupakan bentuk mawas diri dalam menerima dan menyebarkan informasi di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesadaran bertabayyun mahasiswa UIN Walisongo Semarang terhadap informasi di media sosial. Melalui pendekatan statistik deskriptif yakni statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat kesadaran bertabayyun pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang terhadap berita di media sosial. Dengan menggunakan rumus Slovin sampel berjumlah 100 orang dari jumlah populasi mahasiswa UIN Walisongo Semarang sebanyak 15229 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada kesadaran bertabayyun yang signifikan terhadap informasi di media sosial. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat kesadaran mahasiswa UIN Walisongo Semarang tinggi. Hal tersebut terbukti dengan prosentase kesadaran mahasiswa yang mencapai 50% yaitu pada interval 2,6-3,25. Tingkat tabayyun informasi di media sosial tinggi. Hal tersebut terbukti dengan prosentase kesadaran mahasiswa yang mencapai 50% yaitu pada interval 2,6-3,25. Berdasarkan perhitungan hasil uji signifikansi padal tabel Anova yang menujukkan nilai Sig. sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan maka nilai Sig lebih kecil daripada (Sig ), yaitu 0,000 0,05, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Besarnya kesadaran (variabel X) untuk tabayyun (variabel Y) dapat diketahui dengan melihat R Square pada tabel model Summary. Interpretasi yang didapatkan adalah nilai R Square sebesar 0,391 atau 39,1%. Nilai ini menunjukkan bahwa variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 39,1% dan vaiabel lain yang mempengaruhi kesadaran tabayyun sebesar 60,9%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorRahmi, AmeliaNIDN2009026601
Uncontrolled Keywords: Tabayyun; Literasi informasi; Informasi; Media sosial; Mahasiswa
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 006 Special computer methods
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 00:34
Last Modified: 08 Apr 2020 00:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item