Komunikasi profetik Imam Al-Ghazali terhadap penguasa : analisis terhadap isi dan metode surat-surat Imam Al-Ghazali kepada para sultan

Azka, Millati (2019) Komunikasi profetik Imam Al-Ghazali terhadap penguasa : analisis terhadap isi dan metode surat-surat Imam Al-Ghazali kepada para sultan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi harus dilaksanakan dengan pendekatan yang tepat. Salah satu pendekatan komunikasi adalah dengan pendekatan profetik, yang biasa disebut komunikasi profetik. Profetik bukan berarti terbatas pada kenabian saja, namun untuk kategori etis bagi khalayak masyarakat untuk melaksanakan kesadaran sosiologis memanusiakan manusia (humanisasi), pemberantasan penindasan (liberasi) dan peningkatan keimanan kepada Tuhan (Transendensi). Praktik komunikasi profetik telah dicontohkan oleh Imam Al- Ghazali. Salah satunya adalah pengiriman surat profetik kepada para penguasa di dalam kekuasaan Islam. Penelitian ini akan menjawab rumusan masalah bagaimana komunikasi profetik Imam Al-Ghazali dan bagaimana sistematika, isi surat, serta metode yaitu Sultan Ahmad Sanjar Seljuqi, Perdana Menteri Nizhamuddin Fakhrul Mulk dan Perdana Menteri Mujiruddin atas surat tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini bersifat kajian pustaka (library research). Metode analisis yang digunakan ialah deskriptif. Pendekatan analisis yang digunakan yaitu pendekatan historis, dengan menggunakan teknik analisis data content analysis (analisis isi). Sumber data yang digunakan adalah terjemah The Letters of Al-Ghazzali, Sejarah Daulah Bani Saljuk dan kelengkapan Tarikh Imam Al-Ghazali. Penelitian ini menemukan komunikasi profetik Imam Al-Ghazali melalui surat termasuk bentuk komunikasi profetik dari ulama kepada kepala negara atau penguasa. Analisis isi surat Imam Al-Ghazali yang meliputi memanusiakan manusia atau memerintahkan kebaikan (amr ma‟ruf/humanisasi), pemberantasan penindasan atau kemungkaran (nahy mungkar/liberasi), peningkatan keimanan kepada Tuhan (Amana Billah/transendensi), dan mencantumkan ayat al-Qur‟an serta hadits Nabi. Di mana 3 elemen tersebut dikomparasikan dengan latar belakang serta pengaruh dikirimnya surat. Sedangkan metode penyampaian, yakni komunikasi yang digunakan adalah tulisan (surat), format surat Imam Al-Ghazali meliputi permulaan surat, isi surat dan penutup surat.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorAlfandi, AlfandiNIDN2030087102
Uncontrolled Keywords: Komunikasi profetik; Surat; Penguasa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 08 Apr 2020 00:52
Last Modified: 08 Apr 2020 00:52
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item