Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Huruf Hijaiyah dengan Reading Aloud bagi Siswa Kelompok B RA Islamic Tunas Bangsa Ngaliyan Semarang

Widjijanti, Widjijanti (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Huruf Hijaiyah dengan Reading Aloud bagi Siswa Kelompok B RA Islamic Tunas Bangsa Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
09311338_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09311338_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09311338_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09311338_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09311338_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09311338_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09311338_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh anak kelompok B RA Islamic Tunas Bangsa Ngaliyan Semarang pembelajaran al-Qur’an diarahkan pada membaca huruf hija’iyah dan surat-surat pendek. masih lemah, hal ini dapat dilihat nilai bacaan huruf hijaiyah dibawah standar hanya berkisar 40% dari jumlah seluruh siswa yang bisa membaca huruf hijaiyah, ini dakarenakan pembelajaran bersifat klasik dengan mengandalkan ceramah, tanya jawab dan resitasi sehingga siswa bersifat pasif dan susah memahami materi. Untuk dapat membaca huruf hijaiyah dengan baik dan bersifat kontinyu, salah satu yang bisa dilakukan adalah menerapkan reading aloud Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : 1) Bagaimana penerapan reading aloud pada proses pembelajaran membaca huruf hijaiyah di kelompok B RA Islamic Tunas Bangsa Ngaliyan Semarang? 2) Adakah peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa kelompok B RA Islamic Tunas Bangsa Ngaliyan Semarang setelah menggunakan reading aloud ? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa kelompok B RA Islamic Tunas Bangsa Ngaliyan Semarang setelah menggunakan reading aloud dapat dilihat kemampuan membaca siswa dimana pada pra siklus ketuntasan siswa ada 8 siswa atau 43,5%, naik menjadi 12 siswa atau 65,7% pada siklus I, dan pada siklus II kenaikan sudah mencapai 16 siswa atau 88,8%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah; Metode Pembelajaran; Reading Aloud
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 07:02
Last Modified: 19 Dec 2013 07:02
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item